Ide Tour Wisata 1 Hari di Lombok Tengah Bagian Selatan

Jalan-jalan ke Lombok tentunya bisa membuang banyak waktu apabila tidak direncanakan dengan matang. Apalagi jika waktu yang tersedia sangat sedikit. Di artikel kali ini Go Mandalika coba memberikan ide wisata 1 hari tour di Lombok Tengah bagian selatan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian calon traveller yang akan berwisata di Lombok Tengah.

1. Pantai Selong Belanak

Pertama tentu saja Pantai Selong Belanak. Pantai ini adalah salah satu pantai terindah di Lombok. Pasirnya putih berkilau, warna lautnya yang hijau kebiruan, dan ombaknya yang syahdu, menjadikan pantai ini menjadi salah satu yang terindah di Lombok.

Dari deretan pantai-pantai yang ada di sebelah Selatan Lombok Tengah, Pantai Selong Belanak berada di posisi yang paling Barat, sehingga rute pertama yang harus didatangi adalah pantai yang sering dijadikan spot belajar surfing ini.

Sebaiknya berangkat pagi-pagi sekali untuk memulai trip ini. Selong Belanak bisa diakses dari arah Kota Mataram atau dari Bandara Internasional Lombok dengan melalui Jalur Desa Penujak. Dari Desa Penujak ini, perjalanan 20 menit ke arah Selatan, hingga sampai di persimpangan Selong Belanak. Pantai Selong Belanak terletak tidak jauh dari persimpangan ini.

Selengkapnya tentang Pantai Selong Belanak bisa dibaca di artikel berikut:

2. Pantai Mawi/Semeti

Setelah sekitar 1 – 2 jam di Pantai Selong Belanak, lanjutkan perjalanan ke Pantai Mawi atau Pantai Semeti. Pantai ini adalah pantai yang unik dengan struktur batuan yang tersusun seperti dari luar angkasa. Pasir pantainya juga sangat putih. Nikmati dengan berfoto-ria, karena spot-spot cantik banyak bertebaran di pantai ini.

Pantai ini bisa diakses sekitar 20 menit dari Pantai Selong Belanak ke arah Timur.

Informasi mengenai keunikan Pantai Semeti bisa dilihat di artikel berikut:

3. Pantai Mawun

Setelah 1 jam lebih di Pantai Semeti, lanjutkan perjalanan ke Pantai Mawun. Pantai ini juga merupakan salah satu yang terindah di Lombok. Garis pantainya melengkung, dan cukup menarik untuk dijadikan tempat berenang di air laut.

Di Pantai Mawun ini traveller bisa menikmati air kelapa muda sambil duduk bersantai di tepi pantai, berenang di laut, atau bahkan olahraga surfing dan memancing. Hal-hal menarik mengenai Pantai Mawun bisa dilihat di artikel berikut:

4. Pantai Tanjung Aan

Estimasi sampai di Pantai Tanjung Aan dari Pantai Mawun sekitar 40 menit, dan sebaiknya tiba di pantai ini pada tengah hari atau saat waktu makan siang. Penting untuk tiba di Pantai Tanjung Aan pada tengah hari, karena di tempat ini banyak tersedia warung-warung dan rumah makan dengan hidangan tradisional dan sea food. Nikmati bersantap ria di pinggir pantai pasir putih dan view laut yang sangat cantik.

5. Bukit Merese

Dari Pantai Tanjung Aan, bisa berjalan kaki menyusuri bibir pantai hingga tiba di Bukit Marese, bukit eksotik dan instagramable. Bukit ini adalah bukit paling terkenal di Lombok, yang keindahannya sudah sering dijadikan lokasi pembuatan film dan video klip lagu.

6. Pantai Seger

Dari Pantai Tanjung Aan dan Bukit Marese, lanjutkan perjalanan sekitar 20 menit ke Pantai Seger, pantai legendaris tempat Legenda Putri Mandalika berasal. Ya, di pantai inilah Putri Mandalika menceburkan diri dan berubah menjadi nyale. Dari legenda di tempat inilah nama Mandalika itu berasal.

Di Pantai Seger ini pengunjung bisa melihat panorama pantai yang eksotis, dan mendaki Bukit Seger sambil menyaksikan keindahan Sirkuit Mandalika. Sungguh sebuah pertunjukan alam yang fantastis. Cobalah!

7. Pantai Kuta Mandalika

Terakhir, tentu saja Pantai Kuta Mandalika, tempat keramaian pariwisata Mandalika berada. Di tempat ini sebaiknya tiba pada sore hari, sehingga bisa menikmati jalan-jalan di tepi pantai yang sudah tertata dengan modern. Ada banyak hotel dan penginapan di sekitar pantai ini, sehingga apabila tiba pada sore hari bisa sekalian menginap.

Nah, demikianlah ide tour wisata 1 hari di Lombok Tengah bagian Selatan. Semoga bermanfaat.

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search