Pantai Selong Belanak

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat dikenal dengan panorama alamnya yang indah, begitu pun Lombok Tengah yang merupakan kabupaten pariwisata di Pulau Lombok. Oleh karena itu, ada banyak tempat wisata alam yang dapat dikunjungi di Lombok baik yang ada di darat maupun di laut, termasuk tempat wisata pantai seperti Pantai Selong Belanak. Pantai yang dikenal sebagai Hawaii-nya Lombok ini menyuguhkan keindahan mengagumkan pantai pulau tropis yang penuh keunikan.

Ada banyak hal yang membuat pantai ini mampu menarik perhatian wisatawan sehingga pantai ini cukup ramai saat musim liburan tiba meski tempat wisata pantai yang satu ini masih dalam tahap pengembangan. Pada musim liburan, pantai ini menjadi penuh dengan wisatawan, terutama wisatawan dari mancanegara.

Daya Tarik Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak memiliki beberapa daya tarik yang mampu menarik wisatawan untuk datang dan meramaikan aktivitas pariwisata di pantai. Meski ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat musim liburan, pantai ini cenderung sepi di hari-hari biasa. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai ini dalam suasana tenang seperti pantai pribadi, Anda dapat mengunjung pantai ini saat hari-hari biasa.

Daya tarik Pantai Selong Belanak ini antara lain:

Keindahan pantai yang mempesona

Daya tarik utama yang dapat dilihat langsung dari pantai yang satu ini adalah keindahannya yang memesona dengan deburan ombak, pasir putih, laut yang jernih, pepohonan di sekitar pantai, juga keindahan langit sekitar.

Saat Anda datang ke pantai ini, Anda akan merasakan suasana yang berbeda karena perbukitan hijau yang mengelilingi pantai membuat atmosfer sekitar pantai sangat istimewa. Bibir pantai yang melengkung menambah pesona keindahan pantai ini. Jangan lupakan kejernihan air laut di sekitar pantai yang memungkinkan Anda untuk sekadar berenang atau bahkan melakukan aktivitas diving.

Artinya, pantai ini tidak hanya dibekali dengan pesona alam darat yang menakjubkan, melainkan menawarkan pemandangan bawah laut yang tidak kalah indah dengan panorama daratan.  

Pantai Selong Belanak memiliki dua jenis ombak

Keistimewaan pantai ini yang jarang dimiliki oleh pantai-pantai lain adalah memiliki dua jenis ombak, yaitu ombak ganas yang agresif dan ombak yang tenang. Pantai dengan ombak yang ganas dan agresif tentunya menjadi favorit para peselancar (surfer), sementara ombak yang tenang lebih cocok untuk aktivitas berenang, snorkling, dan diving. Uniknya, kedua jenis ombak tersebut dapat ditemukan di Pantai Selong Belanak.

Jika Anda gemar berselancar, Anda dapat pergi ke sisi kanan pantai karena di sanalah ombak yang ganas dan agresif dapat ditemukan. Namun, jika Anda lebih suka ombak yang tenang agar dapat berenang dan bermain air sampai puas, Anda sebaiknya pergi ke sisi kiri pantai yang ombaknya tenang.

Pasir putih dan halus

Lombok memiliki banyak wisata pantai sehingga pemandangan pantai yang berpasir putih bukanlah hal yang asing lagi di sana. Namun, umumnya pasir pantai yang ada di Lombok butirannya besar-besar sehingga terasa kasar saat menyentuh telapak kaki. Ukuran butiran pasir di pantai-pantai Lombok yang umum adalah sebesar merica meski ada juga pantai di Lombok yang butiran pasirnya lebih kasar lagi.

Di Pantai Selong Belanak, Anda tidak akan menemukan pasir pantai dengan butiran yang kasar, melainkan dengan butiran yang halus dan kecil-kecil. Karakteristik pasir pantai yang halus ini akan mengeras saat terkena air sehingga bisa dijadikan tempat duduk santai dan beraktivitas dengan aman dan nyaman. oleh karena itu, wisatawan yang datang ke pantai yang satu ini dapat melakukan banyak hal di pantai mulai dari bermain istana pasir, layang-layang, voli pantai, mengubur diri di pasir, hingga bersantai.

Cocok untuk surfing dan diving

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, salah satu keunikan dari Pantai Selong Belanak adalah karakteristik ombaknya yang berbeda antara pantai sebelah kanan dengan pantai sebelah kiri. Di bagian pantai sebelah kanan, karakteristik ombaknya agresif dan ganas sehingga sangat cocok untuk aktivitas surfing atau selancar yang membutuhkan ombak besar. Sebaliknya, ombak yang ada di bagian pantai sebelah kiri cenderung tenang sehingga sangat pas untuk aktivitas berenang atau diving.

Dengan kedua karakteristik ombak tersebut, wajar saja jika pantai ini termasuk salah satu yang direkomendasikan di antara pantai-pantai lain yang ada di Lombok. Tak hanya menawarkan paket lengkap yang memungkinkan wisatawan melakukan aktivitas surfing dan diving, pantai ini juga menawarkan panorama alam yang indah dan eksotis. 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Pantai ini dibuka selama 24 jam sehingga wisatawan bisa bebas datang ke tempat wisata ini kapan saja. Anda bisa datang saat siang hari untuk berjemur dan bersantai maupun saat malam untuk melihat hamparan bintang sambil membawa makanan seperti jagung bakar bersama keluarga atau teman. Jika ingin menginap, fasilitas penginapan di sekitar pantai sudah tersedia.

Untuk masuk ke pantai ini, Anda tidak perlu membayar biaya masuk. Artinya, pantai yang satu ini dapat dikunjungi oleh siapa saja secara gratis. Bagi Anda yang membawa kendaraan, hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000,00 untuk sepeda motor atau kendaraan roda dua dan Rp10.000,00 untuk kendaraan roda empat alias mobil.

Bagi wisatawan yang ingin berselancar dan tidak membawa papan selancar sendiri, akan dikenai biaya Rp50.000,00 untuk biaya sewa papan selancar. Namun, jika ingin membeli papan selancar, wisatawan harus membayar Rp350.000,00. Untuk peselancar pemula, pihak pengelola menyediakan jasa pemandu yang dapat diperoleh dengan membayar Rp100.000,00.

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola tempat wisata. 

Fasilitas

Meski wisatawan tidak dikenai biaya masuk untuk menikmati keindahan Pantai Selong Belanak, pantai ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari area parkir, gazebo, warung makan, cafe, jasa pemandu untuk peselancar pemula, jasa sewa papan selancar, toko suvenir, dan penginapan.

Fasilitas penunjang untuk wisatawan di Pantai Selong Belanak

Bagi wisawatan yang ingin mengisi perut setelah beraktivitas seharian, ada banyak menu makanan yang dapat dinikmati di tempat wisata ini meski tetap saja menu seafood yang mendominasi.

Jika ingin menginap, Anda dapat mencari penginapan terdekat dari lokasi pantai, yaitu Kuta Paradise Lombok dan Kuta Indah Hotel. Namun, bagi wisatawan yang ingin lebih menghemat anggaran wisata, penginapan sederhana juga dapat ditemukan di sekitar area pantai. 

Lokasi

Pantai Selong Belanak terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Dari pusat Kota Mataram, pantai ini jaraknya kurang lebih 49 km dan dapat dicapai dalam waktu 2 jam perjalanan. Jalur transportasi yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini cukup mudah. Bagi wisatawan yang baru pertama kali datang, panduan dari Google Map dapat digunakan. Meski akses jalannya cukup mudah, Anda tidak akan menemukan angkutan umum yang mengarah ke pantai ini baik dari Lombok maupun Mataram. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin datang ke pantai yang satu ini harus membawa kendaraan pribadi, menyewa mobil, atau mengandalkan jasa travel.

Peta lokasi Pantai Selong Belanak

Galeri

Inilah Selong Belanak, sebuah bentuk kesempurnaan pantai pariwisata Lombok Tengah

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search