Pantai Semeti, Unik Bak di Film Superhero, Tersembunyi dan Belum Banyak Diketahui

Pantai – pantai di Lombok terkenal dengan keindahannya. Untuk mengunjunginya satu persatu dibutuhkan waktu lama. Bahkan ada beberapa diantara pantai cantik tersebut belum diketahui banyak orang.

Salah satunya Pantai Semeti di Lombok Tengah. Layaknya pantai-pantai lain di Pulau Lombok, panorama Pantai Semeti begitu memesona.

Pasir di Pantai semeti warnanya putih dan halus, sama seperti Pantai Kuta Lombok.
Air lautnya sangat jernih, berwarna hijau kebiruan. Keindahan lainnya dari Pantai Semeti adalah batu-batuan karang yang berbentuk unik.

Batu karang di pantai ini berbeda dengan pantai lainnya, karena batu karangnya tak hanya membentuk seperti perbukitan, tapi juga membetuk seperti balok kristal.

Gak heran banyak yang menyebut bebatuan karang di pantai ini dengan sebutan Karang Kryptonite, karena bentuknya mirip seperti batuan yang ada di film Superman.

Pesona Pantai Semeti, Lombok Tengah. Sumber gambar: nativeindonesia.com

Melihat kecantikan Pantai Semeti sangat cocok bila dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Lombok. Kendati mempesona Pantai Semeti masih sepi pengunjung.

Sehingga tempat ini pas bagi para pelancong yang sedang mencari ketenangan. Pantai Semeti berlokasi di Jalan Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tak jauh dari Pantai Mawi dan Pantai Telawas.

Pengunjung bisa menjangkau pantai ini dengan berkendara sekitar 2,5 jam dari Kota Mataram. Jika dari Bandara Internasional Lombok, atau dapat memilih rute Jalan Selong Belanak. Ikuti terus jalan ke arah selatan hingga menemukan Jalan Pantai Mawi.

Alternatif lainnya, yaitu memilih rute memutar menuju ke arah Pantai Kuta Lombok. Meski rute ini lebih jauh, namu perjalanan tak akan membosankan, karena sembari menikmati pemandangan alam yang keren sepanjang jalan.

Harga tiket masuk ke Pantai Semeti adalah sekitar Rp5.000 untuk roda dua, dan Rp10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas yang ada di Pantai Semeti masih terbilang minim, karena pantai ini masih sepi jika dibandingkan pantai lain yang ada di Lombok. Terdapat saung-saung sederhana dan warung makan minuman sederhana milik warga sekitar.

Cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Semeti. Selain duduk santai menikmati panorama alamnya yang indah, kamu juga bisa memancing dan snorkeling.

Banyak penduduk setempat yang berkunjung untuk memancing di pinggir pantai sembari menikmati suasana pantai. Namun, jika ingin snorkeling, wisatawan diharapkan membawa peralatan sendiri, karena belum ada fasilitas persewaan di sini.

Di pantai ini, kita juga dapat memanjat batuan karang dan tebing. Untuk melihat lebih jelas keindahan Pantai Semeti dari ketinggian. Namun haruslah berhati-hati, karena batuannya cukup tajam. (*6)

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search