Mandalika Tempat Eksotis Tiada Duanya di Dunia

Destinasi wisata Mandalika , Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat merupakan tempat paling eksotis di dunia ini. Bahkan destinasi wisata itu tak ada duanya. Keindahan alamnya, pantai, bukit-bukit, hinggu kultur masyarakatnya, adalah kombinasi daya tarik tersendiri bagi pecinta pariwisata dunia.

Nama Mandalika sendiri sudah terkenal sampai ke luar negeri. Tidak heran banyak turis baik lokal maupun mancanegara datang berkunjung ke Mandalika.

Sejarah dan Legenda

Berbicara tentang Mandalika, ada sebuah legenda atau cerita rakyat terkenal di Mandalika, yaitu legenda tentang Putri Mandalika. Legenda ini pula lah yang menjadi asal-usul nama daerah tersebut. Putri Mandalika merupakan seorang putri cantik dari tokoh suku Sasak terkemuka. Pesonanya menghipnotis semua lelaki, bahkan hingga luar Lombok. Putri Mandalika pun kewalahan menerima banyak pinangan para pelamar dan memutuskan untuk menenangkan diri dengan bersemedi. Keesokan harinya, Putri Mandalika mengumpulkan seluruh para lelaki yang menyukainya di Bukit Seger.

Alih-alih memilih satu lamaran, ternyata putri jelita tersebut justru menghempaskan badannya ke dalam gulungan ombak Pantai Seger dan menghilang tanpa ada jejak. Uniknya, setelah sang putri menghilang, Pantai Seger kemudian dipenuhi oleh cacing laut berwarna-warni. Masyarakat lokal pun mempercayai cacing laut itu sebagai bentuk lain dari Putri Mandalika.

Monumen Legenda Putri Mandalika di Bibir Pantai Seger

Dengan legenda Putri Mandalika, hadirlah perayaan upacara Bau Nyale yang selalu diadakan setiap tahunnya dan menarik perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara. Bau Nyale sendiri merupakan ritual mencari cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika yang menghilang setelah terjun dari atas Bukit Seger ke Pantai Seger.

Cerita lebih lengkap mengenai Legenda Putri Mandalika, bisa dibaca di artikel sebelumnya. Klik di sini untuk membaca.

Destinasi

Pilihan destinasi wisata di Mandalika enggak perlu diragukan lagi. Mandalika punya banyak spot menarik nan instagenic dan bikin momen liburan makin berkesan. Pilihan pantai aduhai bisa ditemukan di Pantai Seger, Pantai Serenting, Pantai Mawi, Pantai Kuta Mandalika, dan Pantai Tanjung Aan. Sedangkan buat menjelajahi budaya yang kaya makna, coba kunjungi Desa Sade dan Desa Ende buat melihat proses pembuatan kain tenun songket, tradisi, hingga tarian adat yang super menarik.

Buat urusan akomodasi, pengunjung bisa memilih tempat sesuai kebutuhan dan keuangan masing-masing. Mulai dari homestay yang nyaman dan lekat dengan nuansa lokal hingga hotel dan resor mewah kelas internasional.

Kuliner

Mandalika punya makanan lokal hingga hidangan internasional! Beberapa rekomendasi kuliner khas Mandalika yang menggugah selera antara lain, sate bulayak yang terbuat dari sate berbahan daging sapi bermandi bumbu rempah perpaduan kacang sangrai serta santan dan dihidangkan bersama lontong daun aren khas Lombok. Ada juga sayur ares dari pelepah pisang, nasi balap puyung dengan lauk pauk super lengkap, serta sambal beberuk terung

Nasi Puyung

Cara Menuju ke Mandalika

Untuk menuju ke Mandalika ada beberapa cara yang dilakukan di antaranya melalui jalur laut dan jalur udara, serta umumnya ditempuh dari Lombok.

Jalur Udara:

Kalau memilih jalur udara, pengunjung bisa ke Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid. Bandara ini berjarak kurang lebih 27 km dan membutuhkan waktu 1 jam perjalanan untuk bisa sampai ke Mandalika.

Jalur Laut:

Untuk jalur laut sendiri, wisatawan bisa menyeberang menggunakan kapal Feri yang tersedia dari Pelabuhan Padangbai, Bali yang jaraknya sekitar 60 km dari Ngurah Rai dengan tujuan Pelabuhan Lembar, Lombok. Sesampainya di Pelabuhan Lembar, butuh waktu sekitar 45 menit dengan jarak 22 km untuk sampai ke Mandalika. (*15)

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search