Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Wajib Lombok Tengah

Indonesia adalah negara yang kaya akan potensi wisata alamnya. Hal ini didukung dengan banyaknya daerah di Indonesia yang menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan. Tidak hanya itu saja, Indonesia juga di kelilingi oleh pantai dan pegunungan yang menarik untuk dieksplor lebih dalam lagi. Lombok menjadi salah satu daerah di bagian Timur Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Banyak wisatawan lokal dan asing yang datang ke Lombok untuk mengeksplor keindahan alamnya.

Jika Anda berlibur ke Lombok, maka pastikan untuk singgah ke Lombok Tengah. Ada banyak sekali pantai-pantai indah dan keren yang bisa Anda kunjungi. Apalagi pantai-pantai tersebut lokasinya tidak berjauhan, sehingga dapat dieksplor dalam 1 hari liburan. Nah, bagi Anda yang berencana liburan ke Lombok, di bawah ini adalah rekomendasi 10 tempat wisata alam di Lombok Tengah yang patut Anda kunjungi.

  1. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak adalah salah satu pantai di Lombok Tengah yang sangat popular. Pantai ini memiliki garis pantai di sepanjang perbukitan. Menariknya lagi, Pantai Selong Belanak sangat cocok menjadi tempat untuk snorkeling dan surfing. Pantai ini juga cukup aman bagi anak-anak yang ingin berenang di tepian. Namun, harus tetap dalam pengawasan orang dewasa. Jika Anda berminat pergi ke pantai ini, maka Anda akan menempuh waktu dua jam dari kota Mataram menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Pantai Mawun

Pantai Mawun bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai, namun tidak suka dengan keramaian. Lokasi Pantai Mawun sangat dekat dengan Pantai Selong Belanak. Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar sepuluh menit untuk bisa sampai ke pantai ini. Pantai Mawun mempunyai pasir pantai yang bersih dan putih serta air laut yang berwarna biru jernih.

Bagi pengunjung yang ingin berenang di Pantai Mawun sebaiknya selalu waspada dan hati-hari karena ombak besar bisa datang sewaktu-waktu. Pantai Mawun adalah rekomendasi wisata alam yang sangat cocok bagi para traveler yang suka menyendiri.

  1. Pantai Kuta

Umumnya para wisatawan hanya mengenal Pantai Kuta yang ada di Bali. Padahal faktanya di Lombok Tengah juga terdapat pantai bernama Pantai Kuta yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota Mataram. Anda akan menempuh hingga dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Kuta Mandalika memiliki luas yang lebih kecil dibandingkan Pantai Kuta Bali, tetapi pantai ini mempunyai pasir putih yang bersih dan juga menawan.

Masyarakat setempat kerap menyebut pantai ini dengan nama Pantai Seneq. Banyak wisatawan yang tertarik datang ke Pantai Kutak arena memiliki ombak yang bagus sehingga cocok menjadi tempat olahraga surfing. Selain itu, pemandangan alam bawah lautnya juga tidak kalah cantik. Anda wajib mencoba snorkeling untuk mengeksplor kekayaan dan keindahan alam bawah laut Pantai Kuta.

  1. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berada di Desa Kuta. Pantai ini tergolong unik karena mempunyai jenis pasir yang berbeda. Pada satu sisi, pasir Pantai Tanjung Aan berwarna putih dengan butiran yang halus. Kemudian di sisi lainnya memiliki butiran yang kasar dan bentuk seperti merica. Hal inilah yang membuat pantai ini kerap disebut Pantai Merica.

Pantai Tanjung Aan adalah pantai dengan garis pantai tepanjang yang ada di Lombok. Bahkan saking panjangnya, masyatakat membagi pantai ini menjadi tiga, yakni Pantai Batu Kotak, Pantai Cemara, dan Pantai Orong Pandan. Mayoritas pengunjung pantai ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berenang dan juga berjemur.

  1. Bukit Merese

Bukit Merese merupakan salah satu ikon wisata di Lombok yang memiliki pemandangan alam menawan. Hamparan bukit hijau beserta pemandangan pantainya akan membuat Anda jatuh hati jika berada di tempat ini. Oleh karena itu, tidak heran jika Bukit Merese juga kerap disebut dengan Bukit Cinta. Anda bisa datang ke bukit ini terlebih dahulu sebelum singgah ke Pantai Seger maupun Pantai Kuta.

  1. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk menjadi spot pecinta olahraga surfing bagi peselancar di berbagai belahan dunia. pantai yang berlokasi di Desa Gerupuk ini mempunyai lima spot selancar yang dapat digunakan oleh pemula sampai dengan tingkat mahir. Ketinggian ombak di Pantai Gerupuk juga cukup beragam dan bahkan ada yang bisa lebih dari tiga meter.

Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Gerupuk dan mendapatkan ombak dengan ketinggian maksimal adalah antara bulan Oktober sampai April. Meskipun banyak digunakan untuk surfing, namun pantai ini juga cocok bagi Anda yang hanya ingin bersantai di pinggiran pantai sembari bermain pasir dan air.

  1. Dusun Sade, Desa Rembitan

Dusun Sade menjadi destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan jika Anda berada di Lombok Tengah. Dusun Sade adalah perkampungan bagi masyarakat Suku Sasak yang letaknya berada di pinggir jalan raya dan menghubungkan kota Mataram dengan Lombok Selatan. Salah satu keunikan yang ada di Dusun Sade adalah rumah tradisonalnya yang dipel dengan menggunakan kotoran sapi supaya terlihat bersih dan mengkilat. Anda bisa membeli berbagai macam souvenir dan kain songket yang dijual oleh masyarakat setempat.

  1. Desa Sukarara

Saat berlibur ke Lombok Tengah, Anda juga harus menikmati wisata budaya di Desa Sukarara. Desa kecil di Lombok Tengah ini menjadi pusat kerajinan tenun songket. Berjarak kurang lebih 25kilometer dari pusat kota Mataram, Anda dapat menjangkau Desa Sukarara dengan menggunakan kendaraan pribadi. Mayoritas masyarakat di desa ini adalah perempuan yang berprofesi sebagai penenun. Keahlian menenun yang mereka miliki didapat dari warisan nenek moyang. Jika Anda berkesempatan liburan ke Lombok Tengah, jangan lupa singgah ke Desa Sukarara untuk belajar menenun dan berburu kain songketnya, ya.

  1. Air Terjun Benang Stokel

Air terjun Benang Sokel terletak tidak jauh dari air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini berada persis di kaki Gunung Rinjani dan memiliki ketinggian mencapai 552 mdpl. Suasana alam yang masih asri dapat membuat Anda merasa segar kembali setelah melewati perjalanan yang menguras energi. Air terjun ini sangat cocok menjadi spot fotogenik yang mengagumkan.

  1. Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun Benang Kelambu merupakan air terjun yang unik sekaligus indah karena tampilannya yang mirip dengan kelambu putih. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 40meter dengan terjunan yang sangat halus sehingga tidak akan menyakiti pengunjung yang sedang bermain air dibawahnya. Air terjun ini berada di Desa Aik Berik dan aksesnya cukup sulit karena Anda harus melewati medan yang terjal. Di sekeliling air terjun terdapat berbagai tanaman hijau yang membuatnya terasa semakin sejuk dan juga asri.

Demikian rekomendasi 10 tempat wisata alam di Lombok Tengah yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Lombok.

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search