Hallo Semeton, apakah baru-baru ini kalian pernah berkunjung ke Air Terjun Benang Stokel – Benang Kelambu tidak? Apakah kalian menemukan hal yang baru disana?

Baru-baru ini tepat pada hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-77, Pengelola Air Terjun Benang Stokel – Benang Kelambu telah menetapkan aturan baru bagi para wisatawan yang ingin mandi di air terjun. Para wisatawan tidak diperbolehkan menggunakan baju bikini karena hal ini tentu tidak sesuai dengan norma kearifan masyarakat setempat. Untuk menyiasati hal tersebut, teman-teman Pokdarwis BENSTOL Community Based Tourism memberikan layanan tambahan kepada wisatawan. Kain-kain tradisionalpun dipinjamkan secara cuma-cuma kepada wisatawan untuk menutupi tubuh mereka saat mandi. Alhasil para wisatawan sangat senang karena mendapatkan pengalaman baru mandi menggunakan kain tradisional, wisatawan juga sangat menghormati dan mendapatkan pengetahuan tentang kearifan masyarakat Lombok yang diwariskan secara turun-temurun.  

So semeton semua, jangan khawatir ya, menjaga kearifan lokal itu bukan sesuatu yang kuno dan ketinggalan zaman. Akan tetapi sebaliknya adalah sesuatu yang keren dan membanggakan. Masyarakat Lombok memiliki warisan budaya dan kearifan lokal yang unik yang InsyaaAllah akan menjadikan warna lain bagi keindahan dan keunikan budaya Ibu Pertiwi Indonesia. Semangat nasionalisme itu harus tetap tumbuh seiring dengan toleransi ya guys. Sebagaimna semboyan bangsa “BHINNEKA TUNGAL IKA”.

Semangat teman-teman Pokdarwis Benstol CBT dalam menjaga kearifan lokalnya, mudah-mudahan mampu memberikan kekuatan dan semangat baru bagi para “TOURISM WARIOR” di INDONESIA.

Tuliskan pendapat kalian di comment ya! Terkait penerapan aturan baru ini.