Air Terjun Elong Tune Desa Wisata Lantan,Go Internasional


Elong Tune adalah nama sebuah obyek wisata di Dusun Pemasir Desa Wisata Lantan Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB.
Nama Air Terjun Elong Tune sudah tidak asing lagi bagi wisatawan baik Domistik ataupun Mancanegara yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, jarak tempuh 45 menit dari pusat kota praya dan bisa menggunakan Transportasi Umum atau Kendaraan pribadi.

Pengelola Obyek Wisata Air Terjun Elong Tune selalu mengutamakan pelayanan dan servis yang memuaskan dan mengutamakan sikap ramah tamah bagi semua pengunjung serta tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan sesuai dengan SAPTA PESONA.
Lokasi obyek Wisata Elong Tune menyajikan pesona Alam dengan suasana pemandangan sawah teras siring yang masih alami terhampar luas di sekitar kawasan wisata Air Terjun Elong Tune yang menambah keindahan wisata air terjun.
Asal Mula nama Air Terjun Elong Tune yang menurut cerita masyarakat yang beredar, bahwa pada zaman dulu ada seekor ikan besar menyerupai belut yang di yakini sebagai penunggu air terjun dan mendiami lubang sekitar genangan air yang cukup dalam, terlihat sedang berenang di sekitaran air terjun,kemudian warga tersebut mencoba mendekatinya dengan berputar menelusuri jalan setapak dan menuruni lembah di sekitarnya, setelah sampai di lokasi usahanya sia-sia karena ikan tersebut lebih dulu melihat kemunculan manusia namun hamya dapat dan bisa melihat ekornya saja.
Ikan Tune adalah Ikan Besar Panjang atau istilah bahasa indonesianya Ikan Sidat (kelompok ikan yang memiliki tubuh ramping dan memanjang. Ikan ini masuk dalam Ordo Anguilliformes, yang terdiri atas 4 subordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies. Kebanyakan hidup di laut namun ada pula yang hidup di air tawar -Wikepedia) yang di yakini sebagai penunggu air terjun sehingga masyarakat sekitar sangat takut untuk turun ke lokasi tempat Tune tersebut berada dan masih di anggap sebagai tempat atau lokasi yang sangat Angker dan di sakralkan masyarakat sekitar.
Anak – anak di larang mendekati kawasan tersebut karena mempunyai Aroma mistis yang sangat kuat, warga sekitar juga jarang ada yang berani mendekati kawasan.
Air Terjun Elong Tune yang arti secara bahasa Indonesia adalah Air Terjun Ekor Ikan Sidat
Namun seiring waktu sesuai dengan perkembangan zaman banyak kawasan alam Desa Lantan yang sangat indah dan baik untuk dijadikan kawasan wisata,pada ahir tahun 2020 kawasan tersebut dijadikan sebagai objek wisata oleh masyarakat dan mendapat bantuan pemerintah untuk pembangunan kawasan wisata Air Terjun dan di beri nama atau di sembeq dengan sebutan Air Terjun Elong Tune.

Obyek Wisata Air Terjun Elong Tune yang airnya berasal dari mata air pegunungan yang ada di atasnya, airnya sangat jernih, bersih dan dingin sehingga pengunjung merasa betah berlama - lama sambil menikmati suasana pemandangan alam Desa Lantan. Air Terjun Elong Tune yang tingginya kurang lebih 20-25 meter di samping bisa memberikan rasa segar juga diyakini bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti Penyakit Kulit dan bisa mengobati Pegal Linu dan sebagainya. Obyek wisata Air Terjun Elong Tune di kelilingi oleh perbukitan yang menjulang langit dan banyak di tumbuhi tanaman dan bunga-bunga yang indah tumbuh liar sepanjang masa yang menambah keindahan alam sekitarnya. Obyek Wisata Air Terjun Elong Tune sangat cocok untuk kegiatan - Kegiatan Diklat dan kemping ground bagi komunitas-komunitas karena letaknya yang jauh dari keramaian dan pemukiman warga, sudah tersedia sarana prasarana pendukung wisata yang memadai seperti Toilet dan kamar ganti serta lapak-lapak untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Obyek Wisata Air Terjun Elong Tune yang airnya berasal dari mata air pegunungan yang ada di atasnya, airnya sangat jernih, bersih dan dingin sehingga pengunjung merasa betah berlama – lama sambil menikmati suasana pemandangan alam Desa Lantan.
Air Terjun Elong Tune yang tingginya kurang lebih 20-25 meter di samping bisa memberikan rasa segar juga diyakini bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti Penyakit Kulit dan bisa mengobati Pegal Linu dan sebagainya.
Obyek wisata Air Terjun Elong Tune di kelilingi oleh perbukitan yang menjulang langit dan banyak di tumbuhi tanaman dan bunga-bunga yang indah tumbuh liar sepanjang masa yang menambah keindahan alam sekitarnya.
Obyek Wisata Air Terjun Elong Tune sangat cocok untuk kegiatan – Kegiatan Diklat dan kemping ground bagi komunitas-komunitas karena letaknya yang jauh dari keramaian dan pemukiman warga, sudah tersedia sarana prasarana pendukung wisata yang memadai seperti Toilet dan kamar ganti serta lapak-lapak untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search