Air Terjun Benang Kelambu

Tempat tujuan wisata di Lombok Tengah yang terkenal salah satunya adalah kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, yang terbagi atas beberapa kabupaten, termasuk Kabupaten Lombok Tengah. Di kawasan taman nasional tersebut, ada banyak spot wisata yang indah di kaki Gunung Rinjani, salah satunya adalah Air Terjun Benang Kelambu. Dinamakan ‘Benang Kelambu’ karena tampilan air terjun yang satu ini sangat unik dan berbeda dari air terjun pada umumnya yang memiliki aliran air deras. Aliran air terjun ini justru cenderung tenang dan tampak tipis serta lembut layaknya kelambu atau tirai. Air terjun ini juga tidak menimbulkan suara berisik seperti air terjun pada umumnya.

Air terjun yang lokasinya tidak jauh dari Air Terjun Benang Stokel ini adalah salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan jika Anda berkunjung ke kaki Gunung Rinjani. 

Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu

Selain tampilannya yang indah, Air Terjun Benang Kelambu memiliki banyak daya tarik lain yang dapat menarik perhatian wisatawan, termasuk kesegaran airnya yang berasal dari mata air di kaki Gunung Rinjani. Daya tarik air terjun ini antara lain:

  1. Air terjun tanpa sungai

Umumnya, air terjun berasal dari sungai yang terpotong oleh jurang sehingga aliran airnya pun jatuh ke dasar jurang. Namun, pada Air Terjun Benang Kelambu, air terjun tidak berasal dari sungai melainkan dari sejumlah mata air yang sangat banyak di dinding tebing. Oleh karena itu, air terjun ini tampak seperti keluar dari celah tebing yang ditumbuhi tumbuhan yang subur.

Di bagian bawah air terjun, terdapat kolam buatan sebagai penampung air. Di kolam inilah wisatawan diperbolehkan untuk mandi atau berendam. Selain bermain di sekitar kolam, pengunjung air terjun juga diperbolehkan untuk menaiki bebatuan yang lebih tinggi di sekitar air terjun agar dapat melihat pemandangan yang lebih indah. Namun, untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan, pengunjung harus melangkah dengan hati-hati.

  1. Air terjun dengan pesona yang unik

Air Terjun Benang Kelambu tampil sebagai air terjun yang melebar dengan aliran yang halus bak kelambu atau tirai. Tampilannya yang unik dan menarik ini menjadi salah satu daya tarik air terjun di kaki Gunung Rinjani ini. Air terjun ini cukup tinggi, tetapi karena terbagi menjadi beberapa tingkat, air terjun menjadi terlihat lebih pendek dari aslinya.

Secara keseluruhan, ada tiga tingkat air terjun, yaitu tingkat pertama yang berasal dari mata air dengan ketinggian 30 meter, tingkat kedua dengan ketinggian 10 meter, dan tingkat ketiga dengan ketinggian 5 meter.

Selain menawarkan keindahan air terjun yang alirannya sangat halus seperti tirai, air terjun ini juga menawarkan keindahan dinding di sekitar air terjun yang ditumbuhi berbagai tumbuhan liar. Adanya tumbuhan tersebut membuat penampilan air terjun ini semakin alami dan asri.

  1. Dekat dengan Air terjun Benang Stokel

Air terjun ini bukan satu-satunya objek wisata air terjun yang ada di kaki Gunung Rinjani. Ada juga air terjun lain seperti Air Terjun Benang Stokel yang ketinggiannya sekitar 30 meter. Air terjun yang jaraknya sekitar 1 km dari Benang Kelambu tersebut memiliki daya tarik dan pesonanya sendiri. Mengingat air terjun biasanya terletak jauh di dalam hutan, jarak Air Terjun Benang Kelambu yang dekat dengan Air Terjun Benang Stokel menjadi salah satu daya tarik air terjun ini. Air Terjun Benang Stokel inilah yang akan dijumpai oleh wisatawan terlebih dahulu sebelum Benang Kelambu.

  1. Air yang Berkhasiat

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Air Terjun Benang Kelambu memiliki khasiat. Barang siapa mandi di air terjun ini, akan menjadi awet muda dan bebas dari berbagai macam penyakit. Kepercayaan ini ada hubungannya dengan sumber air terjun tersebut. Masyarakat percaya bahwa sumber air terjun ini adalah Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Tempat wisata air terjun dibuka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam setengah 6 sore. Pengunjung yang datang melebihi jam operasional tidak akan diizinkan untuk masuk oleh pengelola. Penutupan air terjun di sore hari bukan tanpa alasan, melainkan karena penerangan di sekitar area air terjun ini belum memadai. Oleh karena itulah tempat wisata alam air terjun ini hanya dibuka sampai sore saja.

Untuk memasuki kawasan air terjun ini, pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp5.000,00. Harga tiket masuknya jelas sangat murah karena dengan membayar satu kali, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini seharian.

Fasilitas di Kawasan

Sebagai tempat wisata, air terjun ini tidak menawarkan banyak fasilitas sehingga masih perlu dikembangkan. Satu-satunya fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata ini adalah kamar ganti yang merangkap toilet. Fasilitas inilah yang digunakan oleh para pengunjung untuk mengganti baju setelah mandi dan berendam di kolam bawah air terjun atau sekadar bermain air di sekitar air terjun.

Walau fasilitasnya terbilang sangat kurang, pengunjung air terjun ini masih dapat menemukan pedagang asongan yang menawarkan makanan serta minuman ringan. Pedagang asongan ini dapat dijumpai di dekat pintu masuk objek wisata air terjun.

Selain itu, ada juga jasa ojek yang dapat dimanfaatkan pengunjung yang merasa enggan untuk berjalan kaki. Dengan menggunakan ojek, pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp20.000,00 untuk dapat mencapai pintu masuk air terjun. Namun, meski ada jasa ojek yang dapat mengantar dan memudahkan Anda dalam berwisata, jalan kaki sangat direkomendasikan karena pemandangan alam di sekitar yang begitu memesona sehingga rasa lelah di kaki Anda pun akan terbayar.

Lokasi dan Rute ke Air Terjun

Air Terjun Benang Kelambu terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Kota mataram, air terjun ini jaraknya sekitar 32 km yang dapat ditempuh selama kurang lebih satu jam perjalanan.

Untuk mencapai objek wisata air terjun ini, Anda dapat menempuh perjalanan dengan jalur Mataram–Narmada–Sedau–Pancor Dau–Teratak–Desa Aik Berik. Bagi Anda yang ingin datang menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya bertanya kepada petugas hotel tempat Anda menginap atau bertanya kepada penduduk setempat tentang lokasi air terjun. Pasalnya, dalam perjalanan ke air terjun ini, hanya ada satu tanda jalan.

Pastikan bahwa Anda membawa air minum saat akan ke air terjun karena Anda harus berjalan sejauh kurang lebih 1,5 km untuk sampai ke lokasi wisata. Saat Anda mendengar suara gemuruh air terjun, itu artinya Anda hampir sampai di lokasi Air Terjun Benang Stokel. Jika merasa lelah, Anda dapat mampir ke air terjun ini sejenak untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Benang Kelambu yang jaraknya 1 kilometer dari Air Terjun Benang Stokel.

Dalam perjalanan ke air terjun, Anda akan dinaungi oleh rimbun tumbuhan hutan sehingga tidak akan terasa panas. Selain rimbun dan indahnya hutan di kaki Gunung Rinjani, Anda juga akan menemukan lahan perkebunan masyarakat setempat di sisi lain jalan yang ditanami berbagai jenis tanaman seperti kopi, nangka, pisang, dan lain-lain.

Apabila Anda lupa membawa makanan saat berkunjung ke air terjun, Anda masih dapat membeli makanan di warung-warung yang ada di dekat gerbang masuk air terjun. Pada jarak kira-kira 100 meter sebelum Anda mencapai lokasi air terjun, Anda harus menaiki anak tangga karena jalanannya mulai menanjak, sementara Anda akan melihat parit dengan air yang jernih di sisi lain anak tangga.

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search