Lombok Tengah memiliki destinasi religi unik dan menarik, yaitu Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah, di Desa Jango, Janapria, Kabupaten Lombok Tengah. Destinasi wisata ini menawarkan keunikan tersendiri, yaitu berwisata sambil belajar prosesi haji selayaknya di Tanah Suci Makkah.

Berwisata ke Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah adalah sebuah pengalaman yang seru dan mendidik. Di tempat ini didirikan sejumlah ‘wahana’ yang dibuat semirip mungkin dengan tempat-tempat yang menjadi bagian dari proses haji di Tanah Suci Makkah. Ada minatur Ka’bah, ada miniatur Padang Arafah, Safa dan Marwah, dan tempat-tempat yang biasanya menjadi bagian dari rukun haji.

Pengunjung yang datang di tempat ini, dapat mengambil paket edukasi haji yang disediakan pengelola. Pengunjung akan mengenakan pakaian ihram layaknya sedang dalam proses haji. Pengunjung juga akan dipandu untuk ‘tawaf’, ‘sai’, dan melontar jumrah. Wahana-wahana untuk menjalankan proses tersebut semua sudah disediakan persis seperti yang ada di Tanah Suci Makkah.

Fasilitas

Di Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah, telah terdapat sejumlah fasilitas pendukung, seperti aula yang cukup besar, restoran, dan toilet yang cukup banyak jumlahnya, sehingga pengunjung akan tetap merasa nyaman saat melaksanakan manasik haji di tempat ini.

Selain itu, areal destinasi wisata ini sangat luas, sehingga mampu menyelenggarakan kegiatan untuk ribuan orang. Pengelolanya mengaku pernah menyelenggarakan manasik haji di tempat ini 10.000 orang sekaligus, yaitu saat siswa-siswa sekolah se-Lombok Tengah.

Lokasi

Galeri Destinasi Jabal Rahmah, Desa Jango