PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, kemarin merilis penjualan tiket harian menonton event MOTUL FILM World Superbike (WSBK) Indonesian Round yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 11-13 November 2022 mendatang.

Acara peluncuran tiket presale WSBK 2022 ini dilangsungkan di Gedung Sarinah kemarin (31/08). Acara dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Direktur Utama ITDC Ari Respati, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor IMI Sadikin Aksa, berserta sejumlah jajaran manajemen ITDC-MGPA.

WSBK Indonesian Round 2022 kali ini adalah ajang balap motor World Superbike (WSBK) ke-2 yang diselenggarakan di Mandalika, setelah sukses menyelenggarakannya pada 2021 silam.

Ajang WSBK tahun 2022 ini juga akan menjadi sebuah balapan yang istimewa karena seri balap yang diselenggarakan di Mandalika ini merupakan kategori “Penultimate” atau seri balapan semifinal, satu dari dua seri terakhir di WSBK musim 2022.

Penjualan tiket presale untuk menonton WSBK secara resmi dijual mulai tanggal 31 Agustus 2022 hari ini sampai 30 hari ke depan.

MGPA telah menyiapkan berbagai kategori pilihan tiket dengan variasi harga sesuai dengan lokasi menonton. Pilihan tiket ini terbagi atas lima kategori yaitu, General Admission, Regular Grandstand, Premium Grandstand, Premiere Class, dan Deluxe Class.

Tiket presale dijual dengan seharga Rp74.750,- hingga Rp373.750,- pada tanggal 12 November 2022, dan untuk tanggal 13 November 2022 harga jualnya dimulai pada harga Rp149.500 hingga Rp747.500,-.

Selain tiket harian, MGPA juga menyiapkan tiket weekend pass untuk Sabtu dan Minggu pada tiga kategori dengan harga Rp186.875 hingga Rp971.750,-.

Khusus tahun ini pula, ITDC – MGPA menyediakan bonus gratis tiket hari pertama 11 November 2022 bagi pembeli tiket WSBK untuk semua kategori.

Toprak, Juara WSBK 2021

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria berharap, keinginginan masyarakat untuk hadir dan menonton langsung di sirkuit bisa terpenuhi dengan adanya variasi tiket dan bonus tiket gratis ini.

“Variasi tiket harian ini kami sediakan untuk mengakomodir minat masyarakat untuk menyaksikan ajang WSBK secara langsung. Tentunya dengan adanya bonus tiket gratis pada hari pertama, kami harap keinginan masyarakat untuk menonton dan hadir langsung dalam event balap motor ini dapat terpenuhi,” ujar Priandhi Satria.

Bagi masyarakat yang ingin membeli tiket dan menonton WSBK secara langsung di Pertamina Mandalika International Circuit dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi Xplorin, serta melalui aplikasi atau website partner resmi penjualan tiket online, di antaranya aplikasi Livin’ By Mandiri, Loket, Gotix, Tiket.com, Tokopedia, Shopee, Blibli, tiketapasaja.com, BRImo, BookMyShow.com, Bank NTB Syariah dan partner travel agent lokal.

Ketua Umum Pengurus Pusat IMI H. Bambang Soesatyo turut berkeyakinan penyelenggaraan WSBK tahun 2022 ini akan lebih baik.

“Kami yakin penyelenggaraan WSBK tahun 2022 akan semakin baik dan animo masyarakat untuk menonton akan lebih besar dari pada tahun sebelumnya,” ujar Bambang.

Direktur Utama ITDC Ari Respati juga beryakinan bahwa event WSBK kali ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat dan Indonesia.

“Event WSBK diharapkan mampu menjadi pemantik kebangkitan pariwisata mulai dari sektor penyewaan jasa transportasi, sektor akomodasi, UMKM lokal di sekitar area The Mandalika serta memberikan multiplier effect yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat setempat dari penyelenggaraan event WSBK ini,” imbuh Ari.

Ari turut mengajak pecinta balap Indonesia untuk hadir langsung di Mandalika pada event WSBK nanti. Menurut Ari, event ini tidak hanya mengenai event balapan saja, namun diharapkan dapat mewujudkan The Mandalika sebagai sport tourism destination berkelas dunia.

“Kami siap menyambut masyarakat Indonesia maupun pecinta balap di Indonesia untuk datang ke The Mandalika. Bukan hanya untuk menonton langsung WSBK di Sirkuit kami, tapi juga untuk menikmati keindahan alam The Mandalika dan experience spot-spot pariwisata terbaik di kawasan kami ini,” tambah Ari.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka menyampaikan ITDC akan memastikan ajang WSBK 2022 berjalan aman dan lancar serta memberikan dampak yang positif bagi ekonomi di Nusa Tenggara Barat.

“Dengan dukungan stakeholders terkait, kami optimis persiapan dan pelaksanaan event WSBK November mendatang akan bejalan lancar, aman dan memberikan hasil yang baik bagi ekonomi serta pariwisata di Nusa Tenggara Barat,” kata pria yang akrab disapa Troy ini.

Injourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung mengapresiasi ITDC dan MGPA dalam menyiapkan perhelatan World Superbike musim 2022 ini. Hal ini sejalan dengan peran Injourney dalam rangka mengakselerasi pemulihan pariwisata Indonesia akibat dampak pandemi Covid-19 dengan salah satu upayanya yaitu pengembangan 5 DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) dimana Mandalika adalah salah satunya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney, Maya Watono, menilai bahwa dengan digelarnya event World Superbike musim 2022 ini akan mendorong kebangkitan pariwisata Indonesia akibat pandemi Covid-19, khususnya di wilayah mandalika World Superbike ini sebagai salah satu atraksi pariwisata yang juga bagian dari pengembangan demand creation Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Kami akan terus mendukung dan berkolaborasi bersama anak perusahaan, stakeholders serta memperkuat kolaborasi antar lembaga untuk bersama-sama menyukseskan event World Superbike ini yang tentunya akan meningkatkan branding pariwisata Indonesia di mata dunia,” pungkas Maya. (MSTMR)