Tereng Kuning, Sensasi Terapi Mata Air

Destinasi Wisata Tereng Kuning. Mungkin tak banyak orang yang tahu keberadaan tempat indah nan mempesona ini. Tereng Kuning terletak di Dusun Montong Alung, Desa Aik Bukak, Lombok Tengah. Jaraknya hanya 45 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok.

Tereng Kuning memanjakan mata dengan hamparan sawah dan pepohonan nan hijau. Kolam ikan air tawar berjajar rapi di tepi jalan yang lokasinya persis di bawah bukit Tereng Kuning. Dari bukit ini, jika cuaca cerah, pandangan kita akan diarahkan ke Kota Mataram dan Selat Lombok. Sungguh Tereng Kuning sedikit dari serpihan surga yang tersebar di Pulau Seribu Masjid ini.

Tereng Kuning merupakan satu kawasan wisata dengan luas sekitar 3,5 Ha. Kawasan ini terdiri dari kawasan hutan lindung Aik Bone, persawahan, perbukitan (camping ground) hingga pembudidayaan ikan air tawar. Selain itu, Tereng Kuning juga memiliki puluhan mata air yang kaya akan mineral.

Selain menjadi sumber kebutuhan air minum warga, mata air ini juga kini mulai dikembangkan pemanfaatannya. Diantaranya menjadikan mata air ini sebagai terapi bagi wisatawan yang berkunjung ke Tereng Kuning.

Terapi Mata Air Tradisi Leluhur

Konon, terapi mata air kaya mineral ini sudah dilakukan oleh para leluhur di Tereng Kuning. Sejak dahulu kala mata air tidak hanya dijadikan sebagai sumber air melainkan juga untuk kesehatan. Para orang tua biasanya berendam berlama-lama di di semburan mata air. Kebiasan ini menjadikan mereka merasa lebih sehat dan bugar. Berbagai penyakit mulai sakit pinggang, rematik dan hingga sakit tulang pulih. Kebiasaan itu kemudian dilakukan secara turun-temurun oleh warga Tereng Kuning.

Inilah yang menginspirasi M. Alif selaku pengelola Destinasi Wisata Tereng Kuning. Kolam mata air sedang disiapkan untuk segera difungsikan. Ia meyakini terapi mata air ini akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Tereng Kuning. Berkunjung ke destinasi ini, wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan keindahan alam yang mempesona. Tetapi juga menjadikan mereka merasa sehat dan bugar.//

Galeri Foto Tereng Kuning

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search