SPORT TOURISM

Mawi & Selong Belanak

Keragaman daya tarik dan aktivitas wisata di Kabupaten Lombok Tengah dikemas dalam rangka  pemenuhan opsi wisatawan dalam menyempurnakan ekpekasinya. Sebut saja salah satunya destinasi wisata yaitu bahari. Destinasi wisata berbasis alam bahari ini menjadi primadona kepariwisataan daerah dengan panjang marfologi garis pantai  mencapai  ± 87 Km. yang membentang dari wilayah timur mulai dari teluk Awang sampai dengan ke arah barat yaitu pantai Torok Aik Beleq.

Keindahan kawasan bahari ini dapat terlihat dengan jelas, yaitu pantai dengan pasir putihnya yang menghadap Samudra dan masing-masing kawasan pantai diapit oleh bentang perbukitan yang membentuk teluk dengan  kunikan dan kekhasannya.

Salah-satu kekhasan kawasan pantai di bagian selatan Kabupaten Lombok Tengah adalah kelayakan ombak yang sangat dinantikan dan menjadi impian bagi para peselancar, baik untuk peselancar pemula ataupun yang memiliki talenta tinggi.

Seperti yang disebutkan diatas, aktifitas wisata di destinasi wisata yang saat ini menjadi ekspektasi wisatawan berkunjung adalah surfing. Banyak lokasi yang dapat digunakan untuk surfing di Kabupaten Lombok Tengah. Beberapa lokasi surfing yang dapat kami rekomendasikan khususnya  di wilayah Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah adalah pantai Mawi dan Pantai Selong Belanak.


Ket. : Panorama Pantai Mawi


Ket. : Aktifitas wisata  Pantai Mawi

Ket. : Aktifitas wisata  Pantai Mawi

Mawi adalah sebutan untuk kawasan pantai yang digunakan sebagai lokasi surfing bagi mereka yang memiliki keterampilan dan pengalaman surfing yang mumpuni, karena  ombak di kawasan ini relatif lebih besar dengan panjang garis ombak dapat mencapai ± 300m  sehingga tidak sedikit para travel agent dari pulau Lombok dan pulau Bali  menjual paket wisata surfing ini.

Begitu pula dengan pantai Selong Belanak yang juga dikemas sebagai lokasi para peselancar pemula. Di pantai ini banyak ditemukan kios-kios penyewaan peralatan surfing dan lembaga-lembaga pendidikan bagi para peselancar pemula (Surfing School).  Beberapa fasilitas wisata tersedia pada kedua lokasi tersebut, seperi hotel dan restoran serta fasilitas penunjang lainnya.

Ket : Pantai Selong Belanak

Ket : Aktifitas Wisata Pantai Selong Belanak

Ket : Aktifitas Wisata Pantai Selong Belanak

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

2 Comments

  • Lalu Arwan Pradana
    4 weeks ago Reply

    pantai pantai di lombok tengah emang nggak ada habisnya, suasana dan sejuknya pantai di lombok tengah membuat hati menjadi sejuk, nyaman dan damai… jangan lupa berkunjung ya kalian

    • Hm
      4 weeks ago Reply

      Sejuk ataupun panas terik tetap indah

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search