Sanggar Tari Rengganis Siap Mendukung Event Internasional di Lombok Tengah

Desa Marong yang terdapat di Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, terdapat sebuah sanggar tari yang cukup aktif berkegiatan, yaitu Sanggar Tari Rengganis. Bergerak di sektor seni pertunjukan, Sanggar Tari Rengganis ikut berperan mempromosikan pariwisata daerah, yaitu dalam kapasitas sajian hiburan pagelaran bidang musik, tari, dan teater, baik yang dilaksanakan secara mandiri, maupun berkolaborasi dengan Asosiasi Pokdarwis Mandalika.

Lalu Dedi Purnawan yang merupakan founder dari Sanggar Tari Rengganis sekaligus Ketua Asosiasi Seniman Tari Indonesia DPC Lombok Tengah, mengutarakan salah satu peran yang ingin diambil Sanggar Tari Rengganis di bidang pariwisata adalah mendukung Desa Wisata dengan suguhan Seni Budaya yang menambah daya tarik kunjungan wisatawan.

Sanggar Tari Rengganis saat ini rutin berkegiatan mengisi acara hiburan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah, menyambut tamu daerah dan wisatawan, hingga melaksanakan berbagai pagelaran berkonsep virtual. Satu tahun terakhir, Sanggar Tari Rengganis telah mengisi berbagai ajang Pentas Koreografer Muda NTB di Taman Budaya NTB, International Mask Fest 2021, dan Solo International Performing Art 2021 Virtual.

Sanggar tari ini menggunakan Gedung Budaya Dikbud NTB sebagai sekretariat latihan, yang bertempat di belakang bencingah Muhajirin Praya. Sejumlah pengurusnya, antara lain Lalu Dedi Purnawan (founder), Khairil Anwar, dan Ratna Malasari (bendahara). Sanggar Tari Rengganis dapat dihubungi melalui nomor kontak 083142868907.

About Author /

Founder dan pengurus Sanggar Seni Rengganis, sekaligus Ketua Asosiasi Seniman Tari Indonesia DPC Kabupaten Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search