Sanggar Tari Lombok Rahayu

Pulau Lombok merupakan daerah wisata dengan kebudayaan lokalnya yang beragam. Masyarakat adat Lombok sangat menjunjung tinggi kebudayaan daerah sebagai sebuah warisan budaya dari para leluhur terdahulu. Oleh karena itu pariwisata dan budaya di Lombok merupakan aspek yang saling bergantung dan tidak dapat dipisahkan.

Dengan ditetapkannya Lombok sebagai Daerah Super Prioritas Republik Indonesia dan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2015, kawasan Mandalika telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Hal tersebut merupakan sebuah kesempatan besar dalam melambungkan nama Lombok di kancah Nasional dan Internasional. Selain itu juga dengan Indonesia dipilih menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara event MotoGP musim 2021 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah, membuat peluang-peluang pengembangan wisata dan kesenian yang ada di Lombok akan semakin meningkat.

Kesenian yang ada di Lombok beragam macam adanya. Mulai dari tari, musik, teater, dan berbagai seni pertunjukan lainnya. Kesenian dan kebudayaan akan menjadi kebutuhan yang paling penting dalam mengambangkan wisata dan mensukseskan acara MotoGP 2021. Berdasarkan hal tersebut, Sanggar Tari Rahayu sebagai salah satu sanggar tari terdepan di Kabupaten Lombok Tengah, siap menjadi mitra kerja kesenian untuk berbagai pihak.

Sanggar Tari Rahayu yang berdiri sejak tahun 1986, merupakan wadah penyaluran bakat dan potensi anak-anak, pemuda, dan masyarakat, dalam melestarikan seni dan budaya daerah di Lombok. Menurut Ibu Ketut Sri Rahayuningsih, S.Pd., selaku Ketua Sanggar, Sanggar Tari Rahayu melakukan sejumlah tahapan dalam mencapai tujuan awal pendirian sanggar tari ini, yaitu: mengadakan pelatihan seni, pementasan sebagai wujud pelestarian budaya , dan menciptakan karya tari baru yang tidak lepas dari pola tradisi. 

Penari-penari professional Rahayu telah mewakili daerah dalam misi kebudayaan ke berbagai daerah dan Negara seperti Jakarta, Malaysia, Thailand dan Singapore, dan sebagainya. Selain itu, penari-penari dari sanggar ini juga telah berhasil menjuarai berbagai perlombaan tari skala daerah dan nasional. Adapun tarian yang disajikan adalah tarian tradisional, kreasi dan modern.

Sanggar Tari Rahayu dapat dihubungi melalui kontak berikut ini:

Sanggar Tari Rahayu

Kontak: Ibu Ketut Rahayu (087865665515) – Linda (081991916824)

E-mail: sanggartarirahayu09@gmail.com

  • SANGGAR TARI LOMBOK RAHAYU

5 Comments

  • Ira kusumayati
    4 months ago Reply

    Sanggar Rahayu emang luar biasa, udah banyak membina anak menjadi penari. Dan saya pun ikut bergabung di Sanggar Rahayu, semoga sanggar Rahayu trus maju kedepannya dan sukses slalu

  • Lembaga seni tiara intan
    4 months ago Reply

    Semangat buat Sanggar Tari Rahayu dalam mendukung para remaja demi lestari nyakebudayaan bangsa

  • Rianto
    4 months ago Reply

    Sanggar Rahayu…
    Keren..kita juga dr team qasidah ikut gabung ..
    Sukses selalu..makin jaya

  • FAHMI ASRORI
    4 months ago Reply

    SANGGAR RAHAYU
    KEREN….. KITA JUGA DARI TEAM GENDANG BELEQ IKUT GABUNG SUKSES SELALU …. MAKIN JAYA

  • Lalu Ariefan bageanzy
    4 months ago Reply

    SANGGAR RAHAYU
    KEREN….. KITA JUGA DARI TEAM GENDANG BELEQ IKUT GABUNG SUKSES SELALU …. MAKIN JAYA

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search