RIVER TUBBING

WISATA PETUALANGAN

DESA WISATA AIK BERIK adalah salah satu desa wisata Kabupaten Lombok Tengah yang terletak  sekitar 20 Km dari Bandara Internasional Lombok.  Desa wisata ini bereda dilereng gunung Rinjani yang masih terjaga kelestariannya. Hal tersebut terlihat dari, bentang alam  yang ditumbuhi oleh aneka flora yang menjadi  sumber kehidupan terutama bagi fauna endemik yang ada, diantaranya  burung Koak kaok, Rusa, Monyet dan lainnya.

Bila diwaktu malam hari  desa wisata ini benar-benar hening. Suara air terjun dan derasnya aliran sungai menambah sensasi nuansa alam yang masih terlindungi. Ada sekitar ± 9 air terjun dan 2 buah sungai induk. Keberadaan sungai-sungai ini seakan akan membelah desa wisata dengan keunikan dan kekhasannya. Oleh karenanya, sebagai salah-satu wujud pemberdayaan masyarakat desa wisata Aik berik, para pemuda desa yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata/POKDARWIS memanfaatkan  beberapa aliran sungai sebagai wisata River Tubbing. Pengkemasan aktifitas wisata ini sangatlah beralasan mengingat debit air sungai di desa  wisata ini mengalir sepanjang tahun dan aliran air sungai ini dapat juga dijadikan sebagai wahana olah raga  rafting terutama pada waktu musim penghujan.

WISATA RIVER TUBBING di desa wisata Aik Berik dapat dikatakan sebagai salah satu opsi aktifitas wisata dari sekian banyak aktiitas wisata yang ditawarkan. Wisata River Tubbing ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki jiwa petualang untuk menguji  ketangkasan di atas air.  Sarana wisata ini menggunakan peralatan berupa ban karet untuk mendapatkan sensasi menghanyut diri  diatas air  yang mengikuti derasnya aliran air sungai.


Jarak trek aliran sungai wisata river tubbing di desa wisata Aik Berik sepanjang ± 3 km. Spot ini sangatlah unik dan menyenangkan karena  air sungai yang  deras dan bersih, serta di sepadan sungai ditumbuhi tumbuh-tumbuhan yang indah. Disamping itu, yang tak kalah menarik adalah aliran air sungai yang diapit oleh bebatuan sisa letusan gunung Rinjani yang seolah-olah membentuk lorong.

Paket Wisata

Untuk mendapatkan paket wisata River Tubbing, para pengunjung dapat menghubungi pengelola  river tubbing setempat atau  Kelompok Sadar Wisata desa Aik Berik.  

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

1 Comment

  • Aditya rangga
    3 months ago Reply

    Wah boleh dicoba nih

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search