Kuta Mandalika (Lombok Tengah) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Kembali melaksanakan program sosial berupa bantuan seperangkat komputer dengan spek ROG (Republic of Gamers) dan printersebagai sarana desain grafis sablon untuk mengembangkan kegiatan usaha ekonomi kreatif pemuda di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia kepada pemuda Mandalika ini dilaksanakan di Anda Bungalow & Restaurant Kuta Mandalika pada tanggal 4 Januari 2023 dan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Lombok Tengah Dr. H. Nursiah, S, Sos.,M.Si dan dari jajaran Dinas Pariwisata serta Dinas Pertanian Lombok Tengah.

“Kami melihat potensi yang sangat besar di KEK Mandalika yakni dengan adanya Sirkuit Mandalika serta didukung oleh Pemuda Mandalika yang diharapkan menjadi pelaku ekonomidan merchandise produk maupun souvenir local untuk dijual pada saat event Moto GP maupun WSBK sehingga kami memfasilitasi mereka” Ujar Heru Saptaji

Menurut Heru Saptaji, dengan adanya kegiatan program sosial ini mampu memberikan manfaat untuk Pemuda Mandalika untuk berkereasi dalam bidang desain grafis secara tekonologi tidak secara manual lagi. Heru juga akan mengadakan pelatihan desain grafis untuk pemuda Mandalika pada minggu keempat bulan Januari dan awal Feberuari yang akan dipandu oleh tenaga ahli grafik desain dari Bali dengan harapan mampu memproduksi  barang berstandar event Internasional. Semua ini dilakukan oleh Bank Indonesia dengan harapan masyarakat local mampu menjadi pelaku ekonomi di tempat tinggalnya sendiri agar tidak menjadi penonton saja namun bisa menjadi pemain dari kegiatan perekonomian di wilayah Mandalika.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lombok Tengah juga menyampaikan bahwa program dari Bank Indonesia yang bernilai positif seperti ini sangat bermanfaat bagi Pemuda Lokal untuk meningkatkan diri baik dari aspek daya pikir dan tindakan dari para pemuda Mandalika. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah juga sangat berharap setelah terlaksananya seluruh rangkaian program sosial Bank Indonesia dapat memberikan dampak yang besar untuk pertumbuhan Ekonomi Kreatif di KEK Mandalika.

“Bagaimana pun juga bahwa perekonomian Lombok Tengah ini sangat bergantung pengembangannya di dua wilayah, yaitu  bagian selatan (KEK Mandalika) dan juga bagian utara. Kita (Pemerintah Kabupaten) adalah kunci dari keberhasilan ekeonomi Lombok Tengah dan pemuda” ujar Wakil Bupati Lombok Tengah.

Sebagai wujud dedikasi dan kontribusi Pemerintahan Kabupaten Lombok Tengah untuk memajukan perekonomian Lombok Tengah khususnya pada bidang ekonomi kreatif maka kebijakan PEMKAB berseinergi dengan Bank Indonesia dengan beberapa program seperti pembinaan, peningkatan, dan pengembangan para pemuda untuk berkreatifitas.

GoMandalika – Danu