Lombok Tengah – Pesona Wisata Lintas Alam (PWLA) dalam rangka HUT ke-77 Palang Merah Indonesia (PMI), sukses digelar oleh PMI Cabang Lombok Tengah (18/9). Kegiatan ini diikuti oleh ribuan peserta, baik dari kalangan pelajar, pecinta alam, pegawai negeri sipil, dan wisatawan dari luar negeri.

Ribuan peserta dilepas Sekretaris Daerah Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya, di Sirkuit 459 Lantan, Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara. Di acara ini, peserta diajak melintasi hutan dan empat Air Terjun yang ada di Batukliang Utara, yaitu Air Terjun Babak Pelangi, Air Terjun Dewi Anjani, Benang Kelambu dan Finis di Air Terjun Benang Stokel.

Ketua Panitia, Lalu Bisri Samsuri dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Pesona Wisata Lintas Alam ini selain untuk memperingati HUT PMI ke-77, juga untuk mengajak masyarakat mengenal alam dan destinasi wisata yang ada di Lombok Tengah bagian Utara.

Peserta sedang mengikuti kegiatan PWLA. Foto: Mustamar Natsir.

Lalu Bisri Samsuri juga mengatakan, bahwa acara ini juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan bermanfaat lainnya, seperti bakti sosial, donor darah, dan sebagainya.

“Selain pesona wisata, kami juga gelar beberapa kegiatan bakti sosial. Terima kasih para peserta dari siswa, pemerhati lingkungan, pariwisata, pecinta alam, dan pejabat yang menyempatkan diri ikuti acara ini,” ucapnya.

Sementara itu di sambutannya, Ketua PMI Cabang Loteng yang juga Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri, mengatakan bahwa ini adalah bentuk sinergi yang harus tetap dijaga, meski di internal PMI juga tetap ada kesibukan.

“Saya yakin sebelum kegiatan lintas alam ini, banyak kegiatan lain buat PMI Cabang Loteng di internal. Inilah bentuk sinergitas yang harus tetap dijaga,” ujar Bupati.

Pathul juga menuturkan, bahwa Lombok Tengah bagian Utara ini mulai menjadi perhatian dunia, terutama setelah adanya Sirkuit 459 Lantan, yang pada 2023 akan menjadi tempat pagelaran event balap motocross dunia, MX2.

Hal ini dinilainya melengkapi perhatian dunia pada Lombok Tengah secara keseluruhan, karena di Sirkuit Mandalika juga akan digelar event rutin tahunan WorldSBK dan MotoGP.

Mengenai perkembangan dan rencana PMI, menurut Pathul Bahri, kedepan Unit Transfusi Darah (UTD) akan dikelola langsung oleh PMI Cabang Loteng. Dengan demikian, ia meyakini masyarakat akan lebih cepat mendapatkan pelayanan kebutuhan darah, sehingga semua bentuk pelayanan kesehatan cepat terlaksana.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Provinsi NTB, Drs.H. Ridwan Hidayat menegaskan, kegiatan ini dalam rangka peringati HUT PMI ke-77.

“Ini bukan berlebihan, meskipun ini pertama kali digelar. Mudahan PWLA ini jadi event tahunan sehingga destinasi di Loteng semakin dikenal. Ini juga bentuk kecintaan Bupati terhadap para pemuda dan pemudi,” ujar politisi Gerindra ini.

“Kegiatan ini bentuk pemerataan pembangunan,” tambahnya.

Salah satu peserta, Lale Anisa, saat dimintai keterangannya oleh tim Go Mandalika, menyampaikan rasa senangnya telah mengikuti kegiatan ini. Wanita yang juga salah satu staf di Dinas Pariwisata Lombok Tengah ini, menilai kegiatan ini bermanfaat sekali dalam upaya promosi pariwisata Lombok Tengah.

Panitia bertugas di garis finish. Foto: Mustamar Natsir
Panitia bertugas di garis finish. Foto: Mustamar Natsir

“Senang sekali bisa ikut acara PMI hari ini. Acaranya melintasi banyak air terjun. Jadi masyarakat diajak juga untuk kenal destinasi-destinasi kita yang indah,” ujarnya.

Acara Pesona Wisata Lintas Alam dalam rangka HUT ke-77 PMI ini berakhir di pelatan parkir Air Terjun Benang Kelambu, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara. Acara ditutup dengan rangkaikan hiburan dan donor darah massal. (MSTMR)