PESONA RINJANI (Pendakian melalui Jalur Desa Aik Berik)

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi teringgi di pulau Lombok, secara geografis terletak antara 116°21’30” - 116°34’15” BT dan 8°18’18” - 8°32’19”  LS. dengan ketinggian mulai 500 – 3726 m dpl dan memiliki  kemiringan lahan bervariasi yang meliputi lahan  datar, bergelombang, berbukit, dan  bergunung. Bila dilihat dari sisi sejarahnya, Gunung Rinjani  menyimpan riwayat  peristiwa alam yang panjang, diperkirakan meletus pertama kali pada tahun 1257 M yang mengakibatkan hilangannya sebagian peradaban pada masa itu.
Terlepas dari rangkaian peristiwa alam yang pernah terjadi, gunung Rinjani memiliki keelokan yang tiada banding karena nuansa alami gunung Rinjani yang masih terlindungi sampai dengan saat ini. Aneka flora dan fauna endemik masih sering dijumpai di tempat ini, begitu pula dengan keindahan bunga edelwis menjadi penghias tebing-tebing dan lereng-lereng gunung Rinjani. Sungguh merupakan gambaran keagungan ciptaan Yang Maha Kuasa.

Bagi masyarakat Lombok Tengah khususnya, Gunung Rinjani  bukanlah sekadar  keragaman hayati namun lebih dari itu gunung ini sangat disakralkan bagi sebagian masyarakat pulau Lombok.  Pada waktu-waktu tertentu masyarakat terutama penduduk lokal setempat masih mengadakan ritual-ritual. Kegiatan ritual di gunung Rinjani tersebut masih diyakin keampuhannya oleh sebagian masyarakat dan dianggap  memancarkan nilai-nilai magis.
Berpijak pada keragaman potensi wisata  diatas, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Kehutanan telah menerbitkan izin pengelolaan kawasan gunung Rinjani sebagai wisata pendakian melalui jalur pintu masuk  desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Jaraknya sekitar 20 km dari Bandara Internasional Lombok dan  dapat dijangkau dengan berbagai moda transportasi darat. Beberapa kelebihan mendaki melalui pintu masuk Desa Aik Berik adalah para pendaki bisa melihat bentang alam pulau Lombok bagian selatan yang begitu indah, lebih-lebih pada malam hari gemerlap lampu kota dapat terlihat laksana kilauan mutiara. Disamping itu, sepanjang jalur pendakian terdapat mata air, dan masih sering dijumpai aneka fauna endemik yang menjadi kekhasan kawasan ini.

Paket Wisata
Untuk dapat melakukan pendakian, para pengunjung dapat melakukan regestrasi on line melalui  aplikasi e-Rinjani. Sedangkan untuk kemudahan pendakian para pendaki dapat menghubungi Pokdarwis Desa Wisata Aik Berik untuk mendapatkan pelayanan jasa porter dan pemandu wisata gunung.

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

2 Comments

  • Arwan
    7 days ago Reply

    Ini baru keren, Gunung yang wajib dikunjungi oleh para pendaki lokal maupun mancanegara nih, jadi pengen kesana

  • Kim doyoung
    7 days ago Reply

    Wow, boleh dicoba nih

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search