Persiapan Wajib Traveller Jelang MotoGP Mandalika 2022

Sobat Traveller, sudah tahu kan kalau MotoGP Mandalika 2021 batal terlaksana, dan akan dipastikan terlaksana pada awal musim MotoGP 2022? Ya, MotoGP Mandalika akhirnya diputuskan akan diselenggarakan mulai pagelaran MotoGP 2022, yaitu pada bulan Maret 2022. Nah, buat traveller yang berminat datang ke Mandalika buat saksikan MotoGP, Go Mandalika punya beberapa tips persiapan untuk traveller yang akan berkunjung ke Mandalika nanti. Baca sampai habis, ya!

  1. Pastikan jenis penginapan.

Traveller yang akan berkunjung, pastikan jenis penginapan yang akan digunakan. Pastinya ada pilihan: hotel, homestay, atau tenda. Ingat: jumlah kamar sangat terbatas, jadi booking segera sebelum kehabisan!

Untuk Sobat Traveller ketahui, Sirkuit Mandalika terletak di kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. Pastikan, agar keseruan menonton MotoGP tidak terganggu, pilihlah penginapan di sekitar Lombok Tengah. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sendiri telah membangun banyak sekali homestay dengan memberdayakan penduduk sekitar kawasan Mandalika, sehingga bisa menjadi fasilitas tambahan untuk traveller yang akan berkunjung saat pagelaran MotoGP nanti.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah juga menyediakan sejumlah area terbuka tidak jauh dari area sirkuit, yang dapat digunakan sebagai tempat Sobat Traveller mendirikan tenda untuk penginapan sementara. Bagi Sobat Traveller yang memilih jenis penginapan ini, segera cari infonya ya.

  1. Datang Lebih Awal, Pulang Lebih Akhir

Sobat Traveller harus tahu, bahwa pagelaran MotoGP sebenarnya tidak hanya diselenggarakan 1 hari, melainkan hingga 4 hari. Pagelaran dimulai sejak masa latihan, kualifikasi, hingga race day. Jadi, pastikan saat ke Mandalika nanti, persiapannya bukan cuma untuk 1 hari, ya!

Datang lebih awal, pulang lebih akhir. Itu yang sangat dianjurkan, karena bisa diisi dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata menarik di Lombok Tengah dan Pulau Lombok secara keseluruhan. Ssst… kalau mau puas, 3 hari berkunjung ke Lombok itu pasti terasa kurang!

  1. Ittinerary Desa Wisata

Buat Sobat Traveller ketahui, di Lombok Tengah, tempat diselenggarakannya MotoGP Mandalika ada banyak sekali desa-desa wisata yang punya keunikan masing-masing, baik itu destinasi desanya, budayanya, hingga keunikan kulinernya. Tentunya ini bisa dimasukkan ke dalam ittinerary kunjungan Sobat Traveller nanti ke Mandailka.

Silakan kunjungi halaman Desa Wisata di Go Mandalika untuk informasi lebih lengkap mengenai desa-desa wisata di Lombok Tengah.

Sobat Traveller juga bisa pilih menginap di desa-desa wisata ini, karena semua desa wisata memiliki fasilitas homestay yang dikelola oleh pokdarwis (kelompok sadar wisata) dan masyarakat setempat. Jadi, sambil berwisata Sobat Traveller juga bisa membantu kesejahteraan masyarakat desa.

  1. Ittinerary Wisata Alam

Pastikan pula Sobat Traveller memasukkan kunjungan ke wisata-wisata alam Lombok Tengah ke dalam ittinerary perjalanannya nanti. Sekadar info, Lombok Tengah adalah surga bagi pecinta pantai dan air terjun. Pantai-pantai di Lombok Tengah sangat indah dan mengagumkan. Siap-siap berdecak kagum akan keindahannya. Syukurnya, lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan Mandalika. Ada Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, Bukit Marese, hingga Pantai Mawun dan Selong Belanak. Cek semua destinasi ini di halaman Destinasi Pantai & Bahari Go Mandalika ya.

Kalau Sobat Traveller suka dengan air terjun, bisa mengunjungi Lombok Tengah bagian utara. Di sana Sobat Traveller bisa mengunjungi kawasan Aik Bukak, atau Air Terjun Benang Kelambu dan kontur jatuh airnya bak tirai kelambu. Indah sekali!

  1. Hunting Buah Tangan

Naah, soal buah tangan. Lombok, terutama Lombok Tengah terkenal akan kualitas dan keindahan hasil tenunnya. Tenun dan gerabah biasanya jadi oleh-oleh wajib saat berkunjung ke daerah ini. Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah telah menunjuk banyak sekali pelaku usaha kecil untuk menghasilkan buah tangan khusus untuk pagelaran MotoGP. Ada miniatur, pakaian jadi, kaos-kaos, yang semua menampilkan ciri khas Lombok dan ornamen-ornamen khusus MotoGP Mandalika.

Buah tangan ini nanti bisa didapatkan di sekitar sirkuit. Ada area khusus untuk belanja merchandise MotoGP di sekitar sirkuit. Selain itu, Sobat Traveller juga bisa mendapatkannya di desa-desa wisata, terutama di Desa Sukarara dan Desa Rambitan, yang merupakan desa penghasil kerajinan tenun.

Nah, itulah 5 tips buat Sobat Traveller agar kunjungannya saat pagelaran MotoGP Mandalika nanti lebih menarik. Menysaksikan MotoGP sekaligus menikmati keindahan Pulau Lombok.

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search