Pantai Mawi, Tersembunyi Namun Banyak Dikunjungi Peselancar Mancanegara

Di Lombok banyak tersimpan surga tersembunyi. Bahkan beberapa tempat – tempat tersebut tidak banyak diketahui orang, selain itu masih tergolong sepi pengunjung.

Kendati belum diketahui publik secara luas. Namun tempat -tempat itu banyak dikunjungi turis asing. Contohnya saja Pantai Mawi yang terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Meski Pantai Mawi sepi pengunjung. Akan tetapi, salah satu destinasi wisata ini lebih sering didatangi turis asing, apalagi bagi mereka yang hobi berselancar.

Pantai Mawi adalah spot selancar terbaik di Lombok, sebab ombak di Pantai Mawi ini terbilang tinggi. Pantai Mawi memiliki ombak yang cukup tinggi karena langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Tetapi ombak tingginya hanya sampai di tengah-tengah pantai. Sementara di area pesisirnya, ombaknya relatif tenang sehingga aman untuk berenang atau bermain air.

Sementara di area pesisirnya, ombaknya relatif tenang sehingga aman untuk berenang atau bermain air. Pasir putih di Pantai Mawi ini sama dengan yang ada di Pantai Kuta, pasir putih seperti butiran merica.

Selain berselancar pengunjung juga dapat melakukan banyak aktivitas di area pantainya, seperti berjalan menyusuri pantai sambil menikmati pemandangan, bermain pasir atau berjemur.

Jika ingin menikmati pemandangan pantai secara keseluruhan, Anda bisa mendaki bukit-bukit di sekitarnya. Setelah sampai di puncak, barulah Anda akan menyaksikan pemandangan laut lepas dan peselancar yang sedang beraksi di tengah gulungan ombak.

Selain itu, Pantai Mawi memiliki garis pantai didominasi perbukitan berwarna hijau menjulang yang terdapat di sisi kiri dan kanannya. Nuansa alami di pantai ini semakin terasa karena sepanjang area pantainya banyak ditumbuhi semak dan rumput sabana.

Di ujung pantai, terdapat sebuah bukit batu yang sangat besar. Jika dilihat dari samping bentuknya seperti tikus. Selain ikonik, adanya bukit batu tersebut juga membuat Pantai Mawi sekilas memiliki kemiripan dengan Pantai Planet atau Pantai Surga di Lombok Timur.

Pantai Mawi masih terbilang baru, sehingga fasilitasnya pun belum selengkap pantai-pantai di kawasan Kuta. Terdapat area parkir, tempat duduk dan beberapa warung makan yang menyediakan seafood atau minuman. Sementara, penginapan, toilet, musala dan toko oleh-oleh belum tersedia di sini.

Akomodasi yang dekat dari Pantai Mawi bernama Suku Lifestyle Hotel. Alamatnya di Jalan Raya Selong Belanak, sekitar 5,6 km dari pantai. Fasilitasnya: area parkir, restoran, bar, layanan kamar, kolam renang, kamar ber-AC dan akses Wi-Fi. Tarifnya Rp512.000 untuk sekali menginap.

Diketahui pantai ini masih satu lokasi dan searah dengan Pantai Semeti, Pantai Selong Belanak, Pantai Batu Rudal dan lainnya. Untuk menuju lokasi pantai, di beberapa bagian jalannya masih ada yang belum beraspal dan berbatu. Wisatawan akan melewati area persawahan dan jalan tanah sebelum sampai ke pintu masuk pantai, kurang lebih sejauh tiga kilometer.

Pantai ini cukup dekat dari Bandara Internasional Lombok, yakni sekitar 16 km. Namun, jika Anda berangkat dari Kota Mataram akan menempuh waktu perjalanan selama 1,5-2 jam, karena jarak yang ditempuh sejauh 51 km.

Ini adalah salah satu rute yang bisa Anda gunakan jika ingin ke Pantai Mawi: Kota Mataram – Cakranegara – Kediri – By Pass – Praya – Jalan Raya BIL – Batujai Penujak – Mungkus – Selong Belanak – Pantai Mawi.

Selain dengan kendaraan pribadi, Anda dapat menyewa kendaraan atau jasa travel. Tarifnya beragam, untuk motor kisaran tarifnya dari Rp50.000-Rp85.000 per hari. Sementara tarif sewa mobil atau jasa travel sekitar Rp400.000 – 500.000 per hari.

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Mawi dihitung per kendaraan yang digunakan. Cukup membayar Rp10.000 untuk motor dan mobil sebesar Rp20.000. (*7)

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search