Pantai Gerupuk

Keindahan Pulau Lombok memang tidak bisa disangkal lagi. Banyak orang yang menjadikan Pulau Lombok sebagai tujuan liburan, baik untuk liburan singkat maupun libur panjang. Selain panoramanya yang memukau, Pulau Lombok juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang masing-masing memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri. Salah satu destinasi wisata yang digemari adalah Pantai Gerupuk.

Pantai Gerupuk atau lebih terkenal dengan sebutan Gerupuk Beach berlokasi di sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Lebih tepatnya, lokasinya terletak di Desa Gerupuk, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Lokasi wisata ini. Jadi, jika Anda mengunjungi Pantai Kuta yang hits, Anda bisa sekaligus mengunjungi Gerupuk Beach yang jaraknya hanya 9 kilometer dari Pantai Kuta.

Pantai Gerupuk juga merupakan salah satu pantai di Pulau Lombok yang kerap jadi andalan para peselancar untuk menantang ombak di lautannya. Oleh karenanya, pantai ini lebih sering dijamahi oleh wisatawan luar negeri dibandingkan dengan wisatawan lokal untuk bermain selancar. Pantai ini menjadi andalan para peselancar karena memiliki ombak yang cukup tinggi dan hembusan yang kuat. Karakteristik ombak seperti inilah yang memberikan sensasi tersendiri bagi para peselancar saat menaklukkannya.

Di kawasan ini juga terdapat beberapa spot yang bisa digunakan oleh peselancar dari pemula sampai profesional. Ada 5 titik yang menjadi andalan para peselancar untuk mengarungi ombak di pantai ini, yaitu Prigi atau Inside, Giligoleng atau Outside, Terasaq atau Outside Left, Batu Teong atau Dondon, dan Batu Lawang atau Kids Point. Kelima titik poin untuk berselancar ini bisa dikatakan memiliki ombak yang cukup liar, hanya saja titik Batu Lawang aman untuk anak-anak. Pecinta olahraga selancar tentu sudah akrab dengan kelima titik ini. Ombaknya bisa mencapai ketinggian 3 meter. Cukup menantang, bukan?

Nah, Anda yang ingin mencapai kelima titik ini untuk berselancar bisa berangkat menggunakan perahu nelayan. Sebab, mata pencaharian mayoritas penduduk setempat pantai ini adalah nelayan, petani rumput laut, dan peternak ikan dengan menggunakan Keramba dan Bagang Apung. Mereka juga sesekali menyewakan perahunya untuk wisatawan yang ingin berselancar.

Aktivitas yang bisa dilakukan

Selain berselancar, masih banyak lagi aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini, sehingga layak dikunjungi berbagai kalangan. Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Gerupuk? Berikut di antaranya.

Bersantai di hamparan pasir putih nan lembut

Jika tidak tertarik untuk mencoba berselancar, Anda bisa sekadar bersantai di hamparan pasirnya yang putih dan lembut. Suasana di sekitarnya juga begitu tenang dan tidak memusingkan. Jajaran perbukitan melengkapi keindahan pesisirnya. Kondisi seperti ini membuat pantai yang satu ini begitu nyaman dijadikan tempat untuk bersantai sejenak melepas penat akibat pekerjaan yang menumpuk.

Memandangi pantai dari bukit

Saat sore menjelang selepas berkegiatan, Anda bisa menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas jelajah alam yang cukup menantang dengan menapaki bukit kecil di sebelah timur Pantai Gerupuk. Susurilah pesisirnya yang lantai, lantas kemudian tapaki perbukitan yang terjal untuk mencapai puncak bukit tertingginya. Sepanjang perjalanannya yang terjal dan cukup melelahkan, Anda akan disajikan lanskap alam yang begitu memukau dipandang mata.

Dari atas ketinggian, pemandangan sepanjang bibir pantai berikut panorama sekitarnya akan terlihat begitu megah dan indah. Pemandangan hamparan pasir pantai dan laut di kawasan Mandalika pun perpampang cukup jelas. Sejauh mata memandang, Anda bisa melihat Pantai Kuta, Tanjung Aan, hingga Batu Payung yang menjadi landmark Mandalika bisa terlihat. Di tambah lagi dengan latar matahari terbenam yang membuat suasana makin menenangkan.

Menginap di homestay

Jika Anda memiliki waktu lebih lama lagi, sempatkanlah diri untuk menginap di pedesaan di sekitar pantai dengan mengikuti kegiatan homestay. Di sepanjang jalan Anda akan menemukan kafe-kafe yang dikelola oleh penduduk lokal. Mereka inilah yang biasa membuka rumahnya untuk dijadikan penginapan. Dengan mengikuti kegiatan homestay, Anda bisa lebih jauh lagi mengenal kebiasaan warga lokal dan mengikuti kesehariannya. Anda juga bisa kenal lebih jauh lagi apa saja yang menarik dari pantai ini. Jika beruntung, Anda bisa diperkenalkan dengan keindahan tersembunyi di pantai indah ini.

Panen rumput laut bersama warga lokal

Pengalaman ini tentunya akan menjadi pengalaman mahal dan penuh memori dalam masa liburan Anda di pantai ini. Tak jauh dari pantai, Anda akan melihat tenda berwarna-warni. Di tempat inilah Anda bisa menyaksikan para perempuan lokal membersihkan rumput laur hasil panen. Selanjutnya hasil panen akan dikemas dalam bungkusan besar.

Bungkusan besar inilah yang kemudian akan dikirimkan ke Pulau Bali dan Pulau Jawa, khususnya Provinsi Surabaya. Anda yang penasaran akan proses rumput laut sampai ke tangan konsumen, bisa turut serta dalam aktivitas ini bersama warga setempat. Oleh karenanya, jangan sampai Anda melewatkannya, karena ini tentunya pengalaman yang mengasyikkan.

Mengunjungi balai konservasi kelautan

Jika masih memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas di pantai ini, sebaiknya kunjungilah Balai Konservasi Kelautan yang masih berada di lokasi yang sama. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan tempat konservasi keanekaragaman hayati dan hewani di dalam laut. Di tempat ini, Anda bisa menambah pengetahuan tentang berbagai macam biota laut dan ekosistemnya yang menakjubkan.

Akses menuju pantai

Pantai Gerupuk berjarak 9 kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Jika dicapai dari Kota Mataram melalui jalur yang serupa untuk mencapai Pantai Kuta, aksesnya sangat melelahkan karena jarak yang ditempuh lebih jauh. Sebaiknya, Anda yang ingin mencapai pantai ini bisa melewati jalan darat dengan menggunakan kendaraaan pribadi atau sewa.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, jalurnya lebih ringan dilalui. Anda bisa mengambil jalur Mataram-Cakrnegara-Kediri-Praya-Penunjak-Sengkol-Kuta-Desa Gerupuk. Sebaliknya, jika menggunakan kendaraan umum, jalurnya cukup melelahkan untuk dilalui. Pertama, Anda bisa menaiki angkutan umum jurusan Mataram-Bertais-Praya-Sengkol. Setibanya di Sengkol, Anda harus berganti angkutan umum dengan jurusan Sengkol-Kuta. Untuk mencapai pantainya, Anda bisa menyambung lagi dengan menggunakan ojek yang beroperasi di sekitar Kuta Lombok.

Peta menuju ke Dusun Gerupuk.

Akses jalan di kawasan pantai ini cukup lebar dan beraspal mulus. Apalagi, ruas jalan utama di Mandalika akan terhubung dengan jalur bypass Bandara internasional Lombok sepanjang 17 kilometer. Maka di masa mendatang, pantai ini akan semakin mudah dikunjungi. Saat ini juga fasilitas Gerupuk Beach sudah cukup memadai, yaitu terdapat parkir motor dan mobil, tempat sewa selancar, sewa alat snorkeling, hingga tempat sewa perahu. Sejalan dengan itu, Anda juga bisa menemukan restoran dengan mudah.

Tips Wisata di Pantai Gerupuk

Jika berkunjung ke Pantai Gerupuk, pastikan Anda selalu mengikuti tips dari kami berikut ini:

  • Membawa tabir surya atau sunblock atau penutup kepala. Jika kulit Anda cukup sensitif terhadap sinar UV, sebaiknya gunakan pula baju berlengan panjang yang agak tipis. Hal ini dianjurkan guna melindungi kulit dan wajah dari teriknya sinar matahari di pantai ini.
  • Membawa kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar UV yang cukup tajam di pantai ini.
  • Membawa baju ganti untuk bermain di sekitar pantai. Tempat berselancar di pantai ini begitu ramah pemula, sehingga mungkin Anda ingin mencoba melatih diri untuk berselancar. Karenanya, siapkanlah paling tidak dua baju ganti.
  • Membawa masker untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku dan juga jika Anda berminat untuk melihat pemrosesan rumput laut.
  • Jika membawa kendaraan pribadi, sebaiknya parkir kendaraan di cafĂ© dekat dermaga. Sebab, dermaga tidak menyediakan lahan parkir untuk wisatawan yang berkunjung.

Galeri

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search