Pantai Lancing

Lombok, surga keindahan pantainya, menyimpan sejumlah destinasi eksotis yang belum banyak diketahui. Salah satu dari tempat indah yang belum tersentuh oleh keramaian adalah Pantai Lancing. Terletak di sebelah selatan Pulau Lombok, Pantai Lancing adalah salah satu rahasia terbaik yang dimiliki oleh pulau ini.

Pantai Lancing menawarkan pengalaman eksklusif bagi mereka yang ingin menikmati pesona alam yang masih sangat alami. Meskipun belum begitu dikenal di kalangan masyarakat lokal, pantai ini telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan mancanegara.

Daya tarik utama Pantai Lancing adalah keindahan pasir putihnya yang sangat istimewa. Butiran pasirnya mirip dengan bulatan merica, dengan ukuran yang lebih besar daripada pasir pantai biasa. Setiap langkah di atas pasir ini memberikan sensasi yang unik dan memanjakan kaki Anda. Air laut di sekitar pantai ini tenang, dengan ombak yang bersahabat, membuatnya aman untuk bermain di air.

Selain pasirnya yang istimewa, air laut di Pantai Lancing juga memukau dengan kejernihan dan kebiruannya. Anda dapat melihat perubahan warna dari putihnya ombak di pinggir pantai hingga tosca yang menggoda dan biru murni yang menghampar di tengah laut.

Pantai Lancing tidak hanya dikelilingi oleh keindahan pantainya, tetapi juga oleh perbukitan hijau yang mempesona. Saat musim kemarau tiba, bukit-bukit ini berubah menjadi warna keemasan yang menambah pesona alam pantai ini. Pengunjung dapat mendaki bukit-bukit ini untuk menikmati pemandangan laut yang menakjubkan, baik siang maupun sore hari.

Di sekitar Pantai Lancing kini juga sering dijadikan spot untuk olahraga paralayang. Kejuaraan paralayang dunia mulai sering diselenggarakan di Lancing.

Pantai Lancing juga menawarkan pemandangan laut yang spektakuler dengan gugusan bukit menjorok ke laut. Dari atas bukit ini, Anda dapat merasakan sensasi seperti berada di Nusa Penida, Bali, dengan pemandangan laut yang mengagumkan, terutama saat matahari terbenam.

Salah satu ikon Pantai Lancing adalah tebing tinggi dengan bentuk uniknya. Tebing ini mirip dengan kastil dan merupakan spot favorit bagi para pengunjung untuk berfoto. Setiap momen di Pantai Lancing pantas untuk diabadikan.

Setiap tahunnya, masyarakat sekitar berkumpul di Pantai Lancing untuk merayakan tradisi Bau Nyale. Kegiatan ini melibatkan pengejaran cacing laut yang hanya muncul sekali setahun pada bulan Februari. Tradisi ini memiliki akar dalam cerita rakyat lokal yang melibatkan Putri Mandalika yang menjadi cacing laut setelah melompat ke dalam laut untuk menghindari perseteruan para pangeran.

Lokasi & Rute

Pantai Lancing terletak di Dusun Lancing, Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini hanya berjarak 2 KM dari Pantai Mawun dan 6 KM dari Selong Belanak, dua destinasi terkenal lainnya di Lombok.

Anda dapat mencapai Pantai Lancing dengan kendaraan pribadi, meskipun jalannya tidak begitu bagus, sehingga sepeda motor mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Sayangnya, belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke pantai ini. Anda juga dapat menyewa kendaraan di rental kendaraan setempat.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Mataram, perjalanan menuju Pantai Lancing memakan waktu sekitar satu jam dengan jarak sekitar 52 KM. Rute yang disarankan melalui Kota Mataram, Cakranegara, Kediri, By Pass Bandara Internasional Lombok, Praya, Jalan Raya BIL, Batujai, Penujak, Mungkus, Selong Belanak, dan akhirnya Pantai Lancing. Pastikan Anda memasuki jalan menuju pantai ini sekitar 100 meter dari jalan raya utama, karena lokasinya agak tersembunyi.

Pantai Lancing buka 24 jam sehari, tetapi pengelola wisata biasanya pulang menjelang magrib. Sebaiknya Anda meninggalkan pantai sebelum malam tiba, mengingat kondisi jalan yang berliku-liku dan jalanan yang belum begitu baik di sekitar pantai ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Lancing adalah di pagi hari dan sore hari saat cuaca tidak terlalu panas.

Harga tiket masuk Pantai Lancing sangat terjangkau, dengan biaya Rp 10.000 per mobil dan Rp 5.000 per motor. Namun, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksa harga terbaru sebelum berkunjung.

Tips

Sebelum berkunjung ke Pantai Lancing, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Berangkatlah dari lokasi awal di pagi hari untuk menghindari keramaian.
  2. Selalu lakukan reservasi terlebih dahulu jika Anda berencana menginap di sekitar pantai.
  3. Siapkan bekal makanan dan minuman.
  4. Pastikan kendaraan Anda terisi penuh bahan bakar.
  5. Bawa kantong plastik untuk membawa sampah dan menjaga kelestarian lingkungan.
  6. Sediakan peralatan kesehatan dan keamanan seperti P3K.
  7. Bawa uang tunai dengan pecahan kecil.
  8. Gunakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang sesuai untuk beraktivitas di alam.
  9. Selalu gunakan sunscreen sebelum berjemur di pantai.
  10. Perhatikan perkiraan cuaca sebelum pergi, hindari berkunjung saat musim hujan lebat, dan bawa paka

Fasilitas

  • Areal Parkir
  • Cafetaria
  • Kamar Mandi Umum
  • Outbound
  • Selfie Area
  • Spot Foto

Video

Galeri Foto

Peta Lokasi

Alamat

Pantai Lancing, Dusun Lancing, Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah

Kontak

Bagikan ke sosial media