Desa Wisata Kopang Rembiga, Desa Tua dan Bersejarah

Desa Kopang Rembiga terletak di jantung Pulau Lombok, termasuk dalam zona Aik Meneng di kawasan utara Kabupaten Lombok Tengah. Desa Kopang Rembiga adalah satu dari beberapa desa yang berusia cukup tua yang ada di Lombok Tengah.

Sejarahnya, saat Lombok masih berada di era kedistrikan tahun 1920an, yang ada hanya empat kedistrikan besar di Lombok Tengah yaitu Kedistrikan Jonggat, Praya, Batukliang, dan Kopang. Adapun desa Kopang Rembiga, terbentuk diakhir era kedistrikan sekitar tahun 1938. Wilayah kekuasaan kepala desa saat itu seluas wilayah kekuasaan kedistrikan yang saat ini terpecah menjadi beberapa kecamatan di Lombok Tengah.

Kepala desa Kopang Rembiga yang pertama adalah Lalu Kamar alias Mamiq Soetawang. Kepala desa dalam menjalankan pemerintahannya, dibantu oleh beberapa Keliang (disebut kepala dusun saat ini), yang khusus mengurus masalah administrasi masyarakat desa. Sedangkan yang khusus mengurus keamanan desa disebut Lang-Lang. Ada juga Pekasih yaitu pembantu kepala desa yang khusus mengurus masalah pertanian di masyarakat desa, seperti mengatur pembagian air dan mengatur pola tanam yang disesuaikan dengan kondisi cuaca dan iklim. Sejumlah peran ini masih berlaku sampai masa sekarang.

Potensi di wilayah Desa Kopang Rembiga

1. Situs Makam Astana.

Situs ini adalah kompleks pemakaman cucu dan keturunan dari Raden Mas Panji Tilar Negara, yaitu putra mahkota kerajaan Selaparang, yang sangat tersohor di Lombok

2. Situs Bale Beleq.

Situs Bale Beleq adalah rumah tua peninggalan sejarah yang masih berkaitan dengan Makam Astana.

3. Seni Budaya.

Berbagai kesenian tradisional khas pulau Lombok seperti sendratari, teater tradisional, musik tradisional berupa Gamelan dan Rudat, masih sering dimainkan di Desa Kopang Rembiga, terutama saat ada pagelaran budaya atau jamuan adat.

4. Ragam Kuliner Terkenal.

Kopang Rembiga memiliki sejumlah kuliner yang sangat nikmat. Berbagai masakan dan jajanan tradisional khas desa Kopang Rembiga. Sajian kuliner nasionalnya juga sangat terkenal se-antero Pulau Lombok, antara lain Bakso Kopang.

5. Kerajian.

Kerajinan utama di Desa Kopang Rembiga adalah kerajinan tangan seperti anyaman bambu dan anyaman ketak (rotan).

6.  Ragam kearifan lokal.

Ragam budaya dan kearifan lokal masyarakat yang juga bisa disaksikan di Desa Kopang Rembiga antara lain ritual-ritual adat seperti ritual Sembeq/pengobatan tradisional, Pepaosan/pembacaan Lontar, dan lain-lain. (Sumber gambar: Jadesta)

Lokasi

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search