Desa Masmas, Sajikan Paket Agrowisata Yang Diminati Turis Asing

Jauh sebelum populernya desa wisata, Desa Masmas, Batukliang Utara, Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat telah menyajikan paket agrowisata. Paket tersebut bahkan sangat diminati oleh turis asing.

Biasanya turis-turis yang mengambil paket agrowisata ini akan diajak berjalan di pematang sawah. Kemudian para turis asing itu akan diajak cara bertani, mulai cara membajak sawah, menanam padi, serta mengiling gabah dan lainya. Tidak heran desa tidak pernah sepi pengunjung.

Selama berlibur di Desa Masmas para turis bakal diajarkan hidup ala warga pedesaan yang mana dari pagi hingga sore turis akan diwajibkan mengenakan sarung songket. Tak cuma itu menu makanan yang disajikan juga menu khas Desa Masmas.

Turis yang datang ke Desa Masmas tidak akan merasa bosan sebab pemandangan alamnya sangat mempesona. Untuk wisatawan lokal juga bakal tertarik mengunjungi Desa Masmas, lantara banyak spot foto alami.

Selain itu, Desa Masmas memiliki embung digunakan untuk menampung air hujan. Air dari Embung mengairi sawah-sawah yang ada di Desa Masmas. Di dalam embung hidup beberapa jenis ikan, dan oleh warga dijadikan tempat pemancingan.

Di Desa Masmas terdapat hasil kerajinan beupa tas Ketak yang diproduksi oleh warga Dusun Antak-Antak. Tas ketak merupakan tas yang terbuat dari ketak atau rotan yang dibuat sedemikian rupa untuk menarik minat pembeli.

Harga tas Ketak dibandrol sesuai dengan ukuran dan bentuk tas ketak yang di buat. Harga tas ketak yang berbentuk lingkaran yang ukuran kecil dibandrol dengan harga Rp. 85.000,- dan untuk ukuran yang besar dibandrol dengan harga Rp. 100.000,-. Untuk tas ketak yang berukuran besar dengan motif batik dibandrol dengan harga Rp. 150.000,- dan tas ketak yang berbentuk seperti kotak dibandrol dengan harga Rp. 200.000,-.

Adapun topi yang terbuat dari ketak yang dibandrol dengan harga Rp. 120.000,-. Sehingga untuk wisatawan yang berwisata di desa Masmas untuk membeli oleh-oleh berupa tas ketak.

Diketahui Desa Masmas terdiri dari 11 dusun yaitu Dusun Selusuh, Dusun Keranji, Dusun Punikasih, Dusun Goak Lauk, Dusun Langge Lawe Lauk, Dusun Senyiur, Dusun Batu Lilih, Dusun Antak-Antak, Dusun Senurus, Dusun Gelogor, dan Dusun Selojan. (*28)

About Author /

Tim Redaksi Go Mandalika adalah tim kerja yang berasal dari pelaku dan pecinta pariwisata di Lombok Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search