Amtenar, The Datu hingga Pementasan Wayang Sasak, Meriahkan Malam Puncak Pesona Bau Nyale 2024

Berbagai hiburan, mulai dari Band atau kelompok musik Amtenar, The Datu hingga pementasan Wayang Sasak Lalu Nasib dan Tari Kolosal memeriahkan Malam Puncak Pesona Bau Nyale, pada Kamis (29/2/2024) malam.

Kegiatan yang berlangsung di Pantai Seger, Kuta Mandalika, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah itu dihadiri oleh ribuan masyarakat hingga para pelaku UMKM.

Mereka hadir dan berkumpul untuk melaksanakan tradisi dan event tahunan tersebut.

Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri bahwa Bau Nyale ini merupakan aset tradisi yang dimiliki oleh Kabupaten Lombok Tengah.

Sehingga pihaknya menegaskan, bahwa tradisi dan budaya ini tidak boleh hilang, agar dapat terus dilestarikan bersama.

“Perjalanan panjang pemerintahan, dari Bupati yang terdahulu sampai yang sekarang, budaya ini tidak boleh hilang. Dari ratusan tahun dan dikemas dengan berbagai event dan kegiatan,” ungkap Bupati.

Selain itu, ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap rukun dan saling menghargai agar terciptanya keamanan antar sesama.

“Generasi tua menghargai yang muda, yang muda menghormati yang tua. Sehingga nanti rasa aman itu akan terjalin, diantara kita semua untuk menumbuh kembangkan semangat ekonomi di Kabupaten Lombok Tengah,” tandas Lalu Pathul Bahri.

Untuk diketahui, Festival Pesona Bau Nyale 2024 di Pantai Seger, merupakan acara malam puncak dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sejak 14 Januari 2024 lalu yaitu acara Sangkep Warige yang telah berlangsung di Kampung Adat Sasak Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut.

Kemudian Lomba Maos Aksara Lontar atau Lomba membaca aksara lontar berlangsung pada 23 – 24 Februari 2024 yang bertempat di Bencingah Agung Adiguna, Praya.

Selanjutnya Grand Final Pemilihan Puteri Mandalika 2024 berlangsung pada 24 Februari 2024 malam di Halaman Kantor Bupati Lombok Tengah.

Peresean yang berlangsung pada 25 – 27 Februari 2024 di Kuta Mandalika, Kecamatan Pujut.

Kemudian Karnaval Budaya Bau Nyale yang berlangsung pada 28 Februari 2024 yang bertempat di Beach Park, Kuta Mandalika, Kecamatan Pujut dan acara Malam Puncak Bau Nyale yang berlangsung pada 29 Februari – 1 Maret 2024 di Pantai Seger.

Galeri Foto:

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Artikel Terkait